Dinas Pertanian HSS Periksa Kesehatan Hewan Kurban di Peternakan

Kandangan, KP – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS), melakukan pemeriksaan kesehatan hewan yang akan dijadikan kurban saat hari raya idul adha 1442 Hijriah.

Dinas Pertanian bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten HSS, mengunjungi sejumlah peternakan sapi dan kambing yang populasinya cukup besar, Rabu (14/7/2021) siang kemarin.

Di antaranya peternakan sapi milik Joko di Jalan Harapan Kelurahan Kandangan Barat, peternakan sapi milik Nurdiah di Desa Amawang Kiri, dan peternak kambing milik Ahmad di Desa Wasah Hilir Kecamatan Simpur.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten HSS Muhammad Noor mengatakan, hasil pemeriksaan kesehatan bagian luar pada hewan kurban itu, tidak ditemukan adanya penyakit yang dapat membahayakan kesehatan.

“Hewan kurban yang telah kami periksa dipastikan aman untuk dikonsumsi,” ujarnya.

Ia menambahkan, juga akan menunjuk sejumlah petugas untuk melakukan pemeriksaan terhadap organ dalam hewan kurban, saat pelaksanaan kurban nantinya.

Berita Lainnya
1 dari 528

Upaya mencegah penyebaran Covid-19 dalam pelaksanaan kurban, Muhammad Noor mengungkapkan, Dinas Pertanian HSS menyediakan fasilitas rumah potong hewan di Desa Baluti Kecamatan Kandangan, yang bisa memotong sampai lima ekor toap satu sesi.

“Sudah ada sekitar 15 ekor sapi dan dua ekor kambing yang mendaftar dari berbagai organisasi,” sebutnya.

Dinas Pertanian HSS juga berencana, mensosialisasikan pelaksanaan kurban di tengah pandemi Covid-19 kepada masyarakat.

Dinas Pertanian HSS mendata, sementara total 423 ekor sapi yang tersedia di 16 peternakan besar. Jumlah tersebut belum termasuk peternak kecil, maupun yang memelihara per ekor.

Sedangkan pemesan sapi mayoritas dari dalam daerah, dan adapula sampai dari kabupaten lain. Meski demikian ujarnya, ketersediaan sapi diperkirakan mencukupi, sebab kebiasaan adapula masyarakat yang memesan hewan kurban ke daerah lain.

Kegiatan kunjungan ke peternakan itu, turut diikuti Kepala Bagian Ekobang Setda HSS Eko Harjidi Putra, dan para dokter hewan Dinas Pertanian HSS. (tor/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya