Gedung SDN Pangeran I Nyaris Ambruk

Dengan kondisi bangunan yang lantai dan atapnya jebol serta tiangnya lapuk seperti banyak guru yang mengajar di sekolah takut roboh secara tiba-tiba

BANJARMASIN, KP – Kondisi bangunan SDN Pangeran I Kecamatan Banjarmasin Utara saat ini dalam kondisi memprihatinkan. Bahkan dikhawatirkan ambruk.

Informasi diterima, pihak sekolah sudah melaporkan kondisi bangunan fasilitas pendidikan dasar itu ke Pemko melalui Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Banjarmasin.

Dari laporan disampaikan ungkap kata Plt Kepala Sekolah (Kepsek) SDN Pangeran I Nurwati. dijanjikan akan dianalisa.

“Kami berharap nantinya ada kelanjutannya untuk perbaikan sekolah ini. Sebab dalam dapodik sudah dicatat bangunan SDN Pangeran I rusak berat,”kata Plt Kepala Sekolah (Kepsek) SDN Pangeran I Nurwati.

Kepada {KP} Rabu (14/7/2021) Nurwati yang juga merangkap Kepsek SDN Pangeran 2 ini mengakui, sepintas dari luar SDN Pangeran I terlihat bagus.

Namun ujarnya. jika masuk dalam ruang kelas bagian lantai banyak yang sudah melengkung dan bagian dinding semi permanen pondasi sudah miring dan mengalami penurunan.

” Dengan kondisi bangunan seperti banyak guru yang mengajar di sekolah disini takut sekolah ini roboh,”ujarnya.

Berita Lainnya
1 dari 3.204

Disebutkan, setidak ada 3 ruangan kelas SDN Pangeran I yang pondasi bangunannya dalam kondisi memprihatinkan.

Sementara anggota komisi IV DPRD Kota Banjarmasin Hari Kartono mengaku sudah menerima laporan kerusakan bangunan SDN Pangeran I tersebut.

Anggota komisi diantaranya membidangi pendidikan, kesehatan dari Fraksi Partai Gerindra inipun mendesak, agar perbaikan SDN Pangeran I dijadikan prioritas perbaikan.

” Sebab bangunan di sekolah itu sudah dalam kondisi memprihatinkan, sehingga cukup membahayakan terhadap guru dan murid di sekolah itu,” ujar Hari Kartono.

Hari Kartono berharap, kiranya dimasukan dalam program perbaikan atau rehab Sekolah Dasar (SD) dalam tahun anggaran 2021 ini.

Dikatakan dari rapat kerja komisi IV dengan Dinas Pendidikan dijelaskan setidaknya ada k 20 bangunan SD yang mengalami kerusakan dalam tahun 2021 ini yang akan diperbaiki.

“Anggaran perbaikan 20 sekolah dasar ini bersumber bantuan pemerintah pusat yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2021,” katanya.

Dia menyebutkan, selain DAK, Pemko Banjarmasin melalui dana APBD dalam tahun 2021 juga telah menyiapkan anggaran untuk pembenahan fasilitas sekolah dasar diantaranya membangun ruang kelas baru.

Ia menjelaskan, perbaikan sekolah dasar ini digunakan untuk rehabilitasi rusak berat dan sedang, penyediaan fasilitas dan sarana di sekolah, seperti ruang kelas, WC, ruang unit kesehatan sekolah (UKS) dan lainnya. (nid/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya