Jelang Iduladha, Penjualan Hewan Kurban Meningkat

Ami Nasim, seorang warga Kampung Arab yang juga berdagang kambing untuk hewan kurban, kepada Kalimantan Post mengatakan, tingginya permintaan masyarakat jelang Iduladha yang tinggal sepekan lagi.

BANJARMASIN, KP – Mendekati Iduladha 1442 H, pedagang hewan kurban, khususnya kambing yang terpusat di Jalan Antasan Kecil Barat, Kelurahan Pasar Lama, Banjarmasin Tengah semakin sibuk. Mulai mendatangkan kambing dari Pulau Jawa, menyiapkan kandang, hingga menyediakan pakan rumputnya.

Ada pula, pedagang kambing yang membuat kandang dadakan di pinggir jalan, di kawasan yang lebih dikenal dengan sebutan Kampung Arab tersebut. Tujuannya, agar masyarakat yang ingin membeli kambing lebih mudah menemukan mereka.

Hal ini dilakukan, lantaran rumah mereka berada di dalam gang dan tak memiliki halaman yang memadai untuk membuat kandang kambing yang cukup besar.

Di luar momen Iduladha, para pedagang hewan yang sejak puluhan tahun berbisnis di sana, melayani pula pesanan aneka masakan kambing untuk keperluan hajatan, seperti untuk acara selamatan atau aqiqahan.

Ami Nasim, seorang warga Kampung Arab yang juga berdagang kambing untuk hewan kurban, kepada Kalimantan Post mengatakan, tingginya permintaan masyarakat jelang Iduladha yang tinggal sepekan lagi.

Berita Lainnya
1 dari 856

Menurutnya, setiap hari ada saja masyarakat yang datang. Baik sekedar untuk bertanya harga dan melihat kambing, adapula yang langsung membeli.

“Makin dekat harinya, semakin banyak yang datang mau beli kambing. Biasanya, pelanggan sudah booking jauh-jauh hari, dan baru diambil H-2 atau H-1 sebelum Iduladha. Stok di sini kemarin ada 150 ekor, baru saja habis dibeli orang. Kita masih menunggu pasokan kambing lagi yang masih dalam pengiriman,” ujar pemilik usaha kambing Amanah itu, Rabu (13/7).

Selain kambing, di lapaknya, Ami Nasim juga menjual sapi. Untuk harga, Ami Nasim mengaku beragam. Harga kambing dijualnya mulai Rp 2 Juta hingga Rp 3 Jutaan, tergantung ukuran besar kecilnya. Sementara, sapi dijualnya seharga Rp 14,5 juta hingga Rp 15 juta.

“Kalau kambing, harganya berkisar Rp 2,3 jutaan dengan ukuran beratnya antara 12 sampai 14 kilogram. Misal, beratnya 20 kilogram, harganya bisa sampai Rp 3 jutaan. Yang pasti, usia kambing minimal berumur 1 tahun dan telah masuk tahun ke 2 untuk siap dikurbankan. Sedangkan, untuk sapi, minimal berumur 3 tahun dan telah masuk tahun ke 3,” jelasnya.

Lebih lanjut, menurut Ami Nasim, hewan kambing untuk kurban ini banyak didatangkan dari daerah Nganjuk, Blitar, Jember, Lumajang dan Malang. Sedangkan, untuk hewan sapi kebanyakan dari Madura

Ia menambahkan, meski adanya pemberlakuan PPKM darurat di Pulau Jawa, pengiriman kambing dan sapi ke ke tempatnya terbilang cukup lancar.

“Alhamdulillah, pengiriman lancar saja. Yang penting, tidak ada kejadian faktor alam, seperti gelombang tinggi,” pungkasnya. (opq/K-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya