Warga Terdampak PPKM Level IV Dibantu Uang Tunai dan Beras

Banjarmasin, KP – Warga Banjarmasin yang terdampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level IV yang saat ini mulai dijalankan oleh Pemerintah Kota Banjarmasin, bakal menerima bantuan.

Kepala Dinas Sosial Kota Banjarmasin, Iwan Ristianto mengatakan, bantuan tersebut berasal dari pemerintah pusat. Mulai dari bantuan berupa uang tunai, hingga beras.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Banjarmasin, Iwan Ristianto menjelaskan bantuan itu sendiri akan disalurkan oleh PT Pos Indonesia. Mulai hari ini hingga maksimal tanggal 5 Agustus mendatang.

“Penerimanya, adalah warga yang termasuk dalam daftar Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Jumlahnya masih sama seperti sebelumnya,” ucapnya, saat ditemui awak media di lobi Balai Kota, Senin (26/07) siang.

Dipaparkannya, di Ibukota Provinsi Kalimantan Selatan ini sendiri ada sebanyak 23.840 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Jumlah itu gabungan dari penerima program Bantuan Sosial Tunai (BST) sebanyak 10.173 penerima dan Program Keluarga Harapan (PKH) sebanyak 13.667 penerima.

Iwan membeberkan, bentuk bantuan yang disalurkan nantinya, yakni uang tunai sebesar Rp600 ribu untuk dua bulan dan beras 10 kilogram per Kepala Keluarga (KK) Penerima Manfaat (KPM).

“(Bantuan) ini semua berasal dari Pemerintah Pusat melalui APBN,” imbuhnya.

Berita Lainnya

Bank Kalsel Serahkan Bantuan Banjir ke Kalteng

1 dari 4.471

Lantas, bagaimana dengan bantuan dari Pemerintah Kotayang bersumber dari APBD?

Kembali ke Iwan. Ia mengaku bahwa penyaluran bantuan untuk warga yang terdampak PPKM level IV dari APBD Kota, masih menunggu arahan dari pimpinan.

Kemungkinan, bantuan yang akan disalurkan berbentuk pemberdayaan masyarakat. Bisa itu berupa bantuan sosial berupa sembako atau uang tunai. Namun sekali lagi, masih menunggu keputusan pimpinan.

“Kita masih menunggu arahannya lagi seperti apa. Karena akan ada rapat dulu bersama Wali Kota dan Wakil Wali Kota,” pungkasnya.

Disamping itu, Pimpinan Wilayah Bulog Divre Kalsel, Imron Rosidi menjelaskan bahwa untuk Kota Banjarmasin, ada 238 ton beras yang disiapkan oleh Bulog.

“Semoga bisa dipercepat penyalurannya,” timpalnya.

Kemudian, Kepala Kantor Pos Kota Banjarmasin, Lilik Wahyu Saptono mengatakan bahwa secara teknis penyaluran bantuan sudah berlangsung sejak Minggu (25/07) lalu.

Dilaksanakan di Kantor Pos Banjarmasin yang beralamat di Jalan Lambung Mangkurat, Kecamatan Banjarmasin Tengah.

Lantaran pandemi. Lilik mengaku penyaluran tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes). Termasuk, menambah titik lokasi penyaluran mulai hari ini.

“Yakni di Kantor Kecamatan Banjarmasin Timur, Banjarmasin Utara, Banjarmasin Selatan. Disusul kemudian di kantor kelurahan, khusus untuk penyaluran beras. Dilakukan sejak pagi hingga siang,” tuntasnya. (Zak/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya