Dinas PUPR Tapin Launcing Aplikasi Aksi Si Jantan

Rantau, KP – Upaya memberikan kemudahan warga masyarakat untuk memberikan berupa kerusakan jalan dan jembatan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Tapin, ciptakan aplikasi Sistem Informasi Jalan dan Jembatan atau yang di singkat Aksi Si Jantan.

Launcing aplikasi Aksi Si Jantan dilakukan secara simulasi pada strategi peningkatan progam pemeliharaan jalan dan jembatan berbasis aplikasi data berbasis web atau berbasis daring bertempat Aula Bappelitbang Tapin. Kamis 05/08/2021 kemarin siang.

Simulasi lauincing  langsung oleh Sekretaris Daerah Kab Tapin Masyraniansyah dan disaksikan Kepala Satuan Perangkat Daerah Lingkungan Pemkab Tapin, Camat Se Tapin secara zoom metting, sementara di ruang Bapplitbang dihadiri Kepala Dinas Perhubungan Tapin M Noor, Kepala Dinas Kominfo Tapin H Tamberin, Kepala Bagian Organisasi Setda Tapin Naimah, Sekretaris BKPSDM Indrayani dan jajaran Dinas PUPR Tapin.

Bupati Tapin di Wakili Sekretaris Daerah Tapin Masyraniansyah mengapresiasi langkah Dinas PUPR Tapin yang telah menciptakan sebuah aplikasi berbasis web dan berbasis daring, untuk informasi pengaduan seputar kerusajan jalan dan jembatan di wilayah Kab Tapin.

“Adanya aplikasi ini tentunya, dapat memudahkan warga masyarakat dalam melaporkan kerusakan infrastruktur berupa jalan dan jembatan di ruas Kabupaten Tapin,“ ujarnya.

Berharap setelah di launcing ini, Jajaran Dinas PUPR agar dapat lebih menyempurnakan aplikasi, seperti server yang mudah di akses yakni tidak lelet, karena banyak masyarakat kita di Tapin memiliki jaringan internet yang kurang bagus seperti pegunungan meratus Piani dan Hatungun.

Berita Lainnya
1 dari 284

“Aplikasi informasi si Jantan ini agar jajaran Dinas PUPR dapat menyempurnakan, karena ini tentunya untuk kemajuan pembangunan di Kab Tapin,“ katanya.

Kepala Dinas PUPR Kab Tapin H Yustan Azidin dalam paparannya mengatakan, latar belakang dibuatnya apliaksi ini tidak lain belum adanya penyajian data kondisi jalan dan jembatan kabupaten secara komfrehensif, sehingga mengakibatkan belum optimalnya penanganan laporan kerusakan jalan dan jembatan yang mengakibatkan program pemeliharaan jalan dan jembatan tidak berjalan dengan baik.

Adapun aplikasi si Jantan warga masyarakat bisa mengakses ke https://aksisijantan.tapinkab.go.id atau download di playstore dengan nama Aksi Si Jantan. Semuanya bisa menggunakan dengan mudah.

“Adanya Aksi Si Jantan ini nantinya dapat memudahkan peran masyarakat dalam pelaporan pembangunan infrastruktur, berupa jalan dan jembatan yang rusak, baik itu ringan sedang dan berat,”terangnya.

Program Aplikasi ini masih terdapat kekurangannya salah satunya perlunya dukungan server dan kedepan kami perbaiki untuk kesempurnaan, jadi tidak hanya untuk jangka pendek saja tetapi untuk jangka Panjang kedepannya.

Untuk diketahui bahwa pihaknya apabila ada laporan keluhan warga masyarakat disampaikan melalui forum musrenbang dan media social, karena keterbatasan petugas dilapangan sehingga tidak tercover semuanya.

“Dengan aplikasi ini Insya Allah semua keluhan akan ditindaklanjuti oleh tim dilapangan, apabila yang sipatnya darurat t akan langsung segera dikerjakan,” pungkasnya. (abd/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya