DPRD Berharap Harga LPG Bersubsidi Tak Lampaui HET

Kasongan, KP – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan Marwan Susanto meminta kepada pangkalan dan pengecer dalam penjualan LPG bersubsidi isi 3 Kg tidak melampaui Harga Eceran Tertinggi (HET) yang sudah menjadi ketetapan di dalam Peraturan Bupati (Perbup). Harapannya ini diungkapkannya kepada sejumlah media, Rabu (4/8) pagi tadi, di Kasongan.

Artinya, jika di dalam Perbup, untuk harga jualnya kepada masyarakat hanya sekitar Rp 25 ribu/tabung di wilayah kecamatan Katingan Hilir, maka menurut Marwan, jualah dengan harga seperti itu

“Jangan sampai melebihi HET yang telah ditentukan,” tegasnya.

Karena, jika melebihi dari HET yang telah ditentukan, masyarakat pasti mengeluh. Pasalnya, LPG isi 3 Kg tersebut menurutnya peruntukannya memang untuk masyarakat yang berekonomi lemah. “Sementara untuk yang berekonomi menengah ke atas sudah disediakan LPG non bersubsidi, isi 5,5 Kg dan isi 12 Kg,” sebutnya

Berita Lainnya
1 dari 114

Untuk mengantisipasi harga jual yang melebihi HET, dirinya meminta kepada instansi terkait seperti bagian ekonomi dan Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian setempat agar melakukan monitoring dan memantau ketersediaan dan sekaligus harga LPG dimaksud, baik di pangkalan maupun terhadap pengecer di pasar dan di warung-warung.

“Sehingga, ketersediaan LPG warna hijau apel ini bukan hanya tercukupi saja, tapi juga dengan harga yang terjangkau dibeli oleh masyarakat Katingan,” harap legislator PDI Perjuangan ini.

Dan bagi penegak UU, Perda dan Perbup seperti Satpol PP, lanjutnya, agar melakukan pengawasan terhadap pengecer dan pangkalan yang menjual LPG dimaksud yang melebihi HET yang ditentukan di dalam Perbup.

Kalau sering dilakukan pengawasan, menurutnya LPG tersebut bukan hanya harganya saja yang stabil, peruntukannya pun menjadi tepat sasaran. “Karena, yang membeli LPG bersubsidi tersebut, disamping tidak bisa memonopoli, juga dapat menghindari orang yang bukan seharusnya menjadi pembeli LPG dimaksud,” tandas anggota dewan asal dapil Katingan I yang meliputi wilayah kecamatan Katingan Hilir, Tewang Sangalang Garing dan Pulau Malan ini, seraya menyebutkan harga LPG di eceran saat ini Khususnya di wilayah kecamatan Katingan Hilir berkisar antara Rp 38 ribu hingga Rp 40 ribu/tabung. (Isn/K-10)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya