Jumat Bersih, KPA Meratus Hijau Kandangan Bersihkan Saluran Air

Kandangan, KP – Kelompok Pecinta Alam (KPA) Meratus Hijau bergotong-royong membersihkan selokan di sepanjang Jalan Parindra, Kelurahan Kandangan Kota, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Jumat (20/8/2021) pagi.

Bekerja sama dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), dilakukan pembersihan lumpur yang menutup saluran air.

Beberapa anggota KPA Meratus Hijau bersama tim dari Dinas PUTR HSS, menyerok lumpur selokan dengan sekop. Selain itu, juga membersihkan tanaman dan rumput liar yang mengganggu saluran air.

Anggota KPA Meratus Hijau Kandangan, Aspan mengatakan, kegiatan itu merupakan program Jumat bersih tahap pertama dari organisasinya.

“Kami membersihkan saluran air atau drainase, dari lumpur yang selama ini mengendap,” ujar Kiting, sapaan akrabnya.

Kiting mengungkapkan, biasanya jika terjadi hujan deras bisa terjadi genangan air cukup dalam di sekitar Jalan Parindra, akibat saluran air tidak normal.

“Ini program kami sebagai bakti lingkungan, dan pencegahan mengurangi dampak banjir,” ujar pria asal Desa Gambah Luar Muka tersebut.

Ia berharap, program yang ia lakukan bisa bermanfaat bagi masyarakat lingkungan sekitar Jalan Parindra dan seluruh masyarakat Kabupaten HSS. (tor/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya