Sederhana Namun Tak Mengubah Makna Harjad ke-71 Kalsel

Banjarmasin, KP – Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, peringatan Hari Jadi (Harjad) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) ke-71 kali ini digelar dengan penuh kesederhanaan di gedung Mahligai Pancasila, Banjarmasin, Sabtu (14/8) pagi.

Bukan tanpa sebab, Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Selatan, Safrizal ZA menjelaskan, bahwa keputusan untuk menggelar secara sederhana tersebut lantaran situasi pandemi Covid-19 yang masih memprihatinkan di Indonesia, termasuk Bumi Lambung Mangkurat ini.

“Walaupun tidak meriah, namun ini tidak merubah makna dan pesan atas keberhasilan melaksanakan pembangunan di Kalimantan Selatan,” ungkapnya.

Disamping itu, Safrizal berharap momentum ini tetap dijadikan untuk memicu semangat persatuan persaudaraan dan kegotongroyongan dalam membangun banua khususnya dalam menangani Pandemi Covid-19

Sebab Safrizal mengakui masih ada kelemahan dan kekurangan dalam penanganan Covid 19 selama ini, mulai dari penerapan protokol kesehatan, program vaksinasi, hingga penyaluran bantuan sosial.

“Khususnya dalam penanganan pandemi kini, baik dalam penerapan protokol kesehatan, program vaksinasi, penyaluran bantuan sosial maupun pemulihan ekonomi di Kalsel” ungkapnya.

Ia berharap kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap bahaya pandemi dengan terus menumbuhkan sikap disiplin protokol kesehatan.

“Jika masyarakat disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, maka pandemi ini akan segera cepat teratasi,”harapnya.

Kendati demikian pada momentum ini Provinsi Kalsel juga mendapatkan sederet prestasi diantaranya berhasil menurunkan angka kemiskinan hingga peringkat ketiga terendah di Indonesia di angka 4,83 persen jauh dibawah rata nasional dari data BPS Kalsel.

Kemudian, Surplus Beras, program Sapi Bunting dan ekspor komoditas pertanian seperti karet, daun gelinggang dan tanaman porang ke luar negeri.

“Segala pembangunan di bidang apapun tujuannya semata-mata adalah untuk kesejahteraan rakyat.
Rakyat sudah sepantasnya mendapatkan pelayanan yang sebaik-baiknya,” pungkas orang nomor satu di Bumi Perjuangan Pangeran Antasari ini.

Untuk diketahui Tema hari jadi Kalsel ke 71 adalah “Rukui Hajat, Gawi Basumangat, Banua Harat” sebagai spirit untuk menyongsong perjalanan provinsi Kalsel yang lebih maju, sejahtera, serta kehidupan rakyat yang makmur. (Zak/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya