Tala Akan Miliki Rumah Sakit Baru

Pelaihari, KP – Bupati Tanah Laut (Tala) HM Sukamta mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten Tala akan membangun satu buah rumah sakit baru di Kecamatan Bumi Makmur, Hal itu ia ungkapkan saat menjadi narasumber pada acara Wisuda Daring Program Studi Sarjana Keperawatan pada Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Suaka Insan Banjarmasin Tahun Akademik 2020/2021, yang dilakukan melalui video virtual zoom meeting di Ruang VIP Kantor Sekretariat Daerah Tala, Selasa (24/8/2021).

Menurutnya rumah sakit tersebut sengaja dibangun di Kecamatan Bumi Makmur karena jauhnya akses masyarakat sekitar ke rumah sakit terdekat, Ia memisalkan masyarakat Kecamatan Bumi Makmur, Kurau dan masyarakat perbatasan antara Kabupaten Tala dengan Kabupaten Banjar cukup jauh untuk pergi berobat ke Pelaihari sedangkan untuk ke rumah sakit di daerah Banjarmasin juga cukup jauh dan tidak memungkinkan.

“Disana banyak petani kita dan ada masyarakat berpenghasilan rendah yang memerlukan akses ke rumah sakit, maka tahun depan akan mulai kita bangun. Kami akan memerlukan banyak perawat dan tenaga kesehatan lainnya, saya akan menantikan kiprah dari lulusan kelas reguler Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Suaka Insan Banjarmasin,” ujarnya.

Menurut Sukamta kedepan akan banyak diperlukan para perawat dan bidan untuk mengisi Pusat Kesehatan Desa (Puskesdes) yang ada disetiap desa, semua itu menurutnya karena Kabupaten Tala menjadikan kesehatan warganya sebagai prioritas nomer satu.

Berita Lainnya
1 dari 486

“Kata kunci sumber daya manusia (SDM) adalah kesehatan, jika kesehatannya baik maka SDM nya juga baik. Jadi saya tidak ragu berapapun anggaran yang kita kucurkan karena itu menyangkut masa depan Bumi Tuntung Pandang,” tuturnya.

Bupati berterimakasih kepada Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Suaka Insan Banjarmasin karena sebanyak 30 orang wisudawan/ wisudawati kelas non reguler merupakan mahasiswa alih jenjang perawat impelementasi kerjasama Dinas Kesehatan Kabupaten Tala yaitu RSUD H. Boejasin dan Puskesmas se-Tala.

Sementara itu untuk para perawat alih jenjang dari Tala Sukamta berharap mereka dapat memberikan pelayanan kesehatan yang semakin profesional kepada masyarakat, Ia membeberkan dengan selesainya pendidikan Sarjana Keperawatan ini bukan akhir dari segalanya melainkan sebuah awal.

“Pengabdian kepada masyarakat dimulai dari sekarang rakyat menunggu pelayanan terbaik dari kalian, jika skripsi adalah ujian akademis maka entitas pengabdian kalian adalah kepuasan masyarakat,” tutupnya. (rzk/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya