Bupati Hadiri Vicon Anev Dana Hibah Penerimaan Bintara Polri

Rantau, KP – Pemerintah Kabupaten Tapin dan Kepolisian Resort Tapin mengikuti kegiatan Anev Dana Hibah Penerimaan Bintara Polri Tahun Anggaran 2021 secara virtual Video Conference bertempat di Ruang Command Center Polres Tapin. Rabu (15/9/2021) kemarin siang.

Dalam pertemuan itu dihadiri Bupati Tapin HM Arifin Arpan, Ketua DPRD Tapin H Yamani, Kapolres Tapin AKBP Pipit Subiyanto, Kepala Bappelitbang Tapin H Zainal Aqli, Kepala Dinas Kesbangpol Tapin Arifin.

Pertemuan tersebut membahas dalam rangka penguatan dan penambahan personil kepolisian untuk di seluruh Indonesia secara umum, secara khusus Kalimantan Selatan dan Kabupaten Tapin dalam hal prekrutan polisi baru dengan dibantu pemerintah daerah.

Bupati Tapin HM Arifin Arpan mengatakan, terkait bantuan dana hibah untuk kepolisian pada tahun 2021 pemerintah daerah Kab Tapin telah menyalurkan dana hibah dengan nilai sebesar Rp1.848.000.100.

“Jadi untuk dana hibah ke kepolisian, pemerintah sudah menyalurkan diperuntukkan perekrutan anggota polisi,“ jelasnya.

Lanjut BUpati, pada tahun 2022 agar bisa diberikan dana hibah untuk biaya penerimaan perekrutan anggota baru yang bisa merekrut lebih banyak lagi.

Berita Lainnya
1 dari 297

“Karena diperluikan lebih dalam perekrutan anggota baru, tentunya biaya juga besar dan dianggarkan lagi pada tahun berikutnya dengan dana hibah,“ kata Bupati.

Hanya saja, pemerintah daerah terkendala sebuah aturan dalam memberikan dana hibah, yakni tidak bisa memberikan dana hibah setiap tahun. “ Dalam hal pemberian dana hibah pemerintah daerah tidak bisa menyalurkan setiap tahun,“ tegasnya.

Terkait permasalahan tersebut, saya sudah memerintahkan Sekretaris Daerah untuk mengkunsultasikan kepada Pemerintah Pusat yakni kementrian dalam negeri dan keuangan terkait penyaluran dana hibah, apakah bisa diberikan setiap tahun dan aturannya.

Terpenting kata Bupati bagaimanpun ini secara nasional bahwa tenaga keolisian masih kurang, perlu tambahan dengan dukungan dari pemerintah , sehingga apa yang ditargetkan oleh pemerintah pusat dapat terpenuhi.

Kapolres Tapin AKPB Pipit Subiyanto mengatakan, kedepan perekrutan anggota kepolisian di tingkatkan, sehingga dapat memberikan masksimal dalam hal pelayanan.

Terkait dengan perekrutan anggota baru akan dimintakan melalui dana APBN sehingga nantinya untuk pendanaan dalam hal pelaksanaan perekrutan anggota bintara baru dapat terpenuhi sesuai yang diinginkan.

Sementara anggota kepolisian di Kab Tapin baru 45 persen sekitar 350 personil terdata, seharusnya di setiap daerah 650 personil, sehingga dapat maksimal memberikan pelayanan kepada warga masyarakat di setiap daerah. (abd/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya