Fokus Distribusikan Logistik ke Korban Banjir Kalteng

Banjarmasin, KP – Ketinggian air banjir yang merendam pemukiman warga di Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) dikabarkan sudah mengalami penurunan.

Hal itu tersebut diketahui saat awak media menghubungi salah satu anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin, Andy Putera yang diutus ke lokasi tersebut untuk membantu penanganan korban banjir.

“Jalan poros juga sudah bisa dilewati secara normal, untuk di pemukiman, ketinggian air masih mencapai lutut orang dewasa. Tapi sekarang sudah berangsur surut.” ungkapnya melalui sambungan telepon, Sabtu (11/09) siang.

Kondisi tersebut membuat warga terdampak banjir memilih untuk bertahan di rumah dan tidak mau dievakuasi ke lokasi yang lebih tinggi.

Saat ini pihaknya sedang fokus dengan pendistribusian bantuan logistik berupa makanan siap saji kepada warga terdampak banjir di Kecamatan Katingan Hulu yang menjadi wilayah terparah tiga kali dalam sehari.

“Harus pakai speed boat mengantarnya, karena lokasi yang jadi titik pendistribusian logistik ini sangat sulit digapai,” imbuhhya

Berita Lainnya
1 dari 3.587

Selain makanan siap saji, bantuan yang sekarang dibutuhkan warga adalah air mineral, obat-obatan, selimut dan popok bayi stoknya sudah mulai menipis. Sedangkan bantuan berupa baju layak pakai sudah tidak diperlukan lagi.

“Kalau ada warga yang ingin membantu dalam bentuk uang tunai, silahkan langsung ke rekening Dinsos setempat yang sudah disediakan Pemeringah Provinsi Kalimantan Tengah,” sarannya.

Andy menjelaskan, dirinya dan kesembilan anggota BPBD Kota Banjarmasin lainnya yang dikirim ke Katingan kemarin rencananya akan kembali ke Banjarmasin pada Senin (13/09) mendatang.

Namun, ia mengaku rencana tersebut bisa saja berubah, karena sesuai instruksi (Kepala Pelaksana) Kalak, pihaknya terlebih dahulu melihat situasi sebelum bertolak kembali ke Banjarmasin.

“Kalau situasinya sudah dinilai kondusif, baru kami bisa pulang ke Banjarmasin, makanya kami terus berkoordinasi dengan Kalak BPBD setempat,” imbuhnya.

Menurutnya, hal itu dikarenakan cuaca di wilayah Kalteng masih belum bersahabat sepenuhnya dan masih sering diterpa hujan walaupun dengan intensitas sedang.

“Karena tidak menutup kemungkinan ketinggian air kembali bertambah, apalagi kalau hujan lebat di wilayah hulu. Ini saja wilayah Kasongan dan Kereng Pangi masih diguyur hujan,” pungkasnya. (Zak/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya