Laboratorium Bahan Kontruksi Layani Masyarakat

Banjarmasin, KP – Pelayanan di Laboratorium Bahan Kontruksi di bawah Dinas Pekerjaan Umum dan Petanaan Ruang Kalsel terdiri dari pengujian bahan dan bangunan, tanah dan batuan, dan pengujian kualitas air.

Pengujian di laborotium tersebut meliputi 122 parameter.

Kasi TU Lab Bahan Kontuksi, Gusnawan, menjelaskan ruang lingkup bahan dan bangunan meliputi pengujian beton, aspal, dan cor. Kemudian, pengujian tanah dan batuan meliputi agregat, klasifikasi tanah, abrasi, hingga boring.

“Terakhir, pengujian air meliputi uji kualitas air dan limbah untuk lingkungan,” ujarnya baru-baru tadi.

Dikatakan pria yang akrab disapa Gus, tersebut pelayanan di lab bahan kontruksi dubuka untuk umum baik pemerintah maupun swasta.

“Pelanggan kami juga ada orang perseorangan terkait menjamin kualitas bangunan miliknya sendiri,” katanya.

Menurut Gus, sebagi lembaga pemerintah pihaknya bertugas menjamin kualitas infrastruktur dan memberikan kepastian mutu bahan kontruksi.

“Tugas dan fungsi kami untuk memastikan kontruksi sesuai dengan standar mutu,” ucapnya.

Berita Lainnya
1 dari 969

Tarif yang dibebankan Laboratorium Bahan dan Bangunan untuk pengujian cukup bervarian.

Misalnya untuk pengujian tanah dan batuan mulai Rp35 ribu paling murah sampai Rp2,3 juta paling tinggi. Pengujian tanah dan batuan meliputi 44 parameter.

Kemudian, tarif pengujian bahan bangunan mulai Rp20 ribu paling rendah sampai Rp650 paling tinggi. Pengujian ini meliputi 28 parameter.

Terakhir tarif pengujian air paling rendah Rp14 ribu dan paling tinggi Rp95 ribu yang meliputi 46 parameter. “Penetapan tarif sesuai yang tercantum dalam peraturan daerah. Untuk keterbukaan informasi tarif juga kami pasang di papan pengumuman.

Menurut kami tarif di laboratorium sini lebih rendah dan lebih kompetitif dari kompetitif lainnya,” beber Gus.

Lantas bagaimana dengan waktu pengujian? Menurut Gus rentan waktu pengujian bervariasi antara 1 sampai 14 hari kerja. Bahkan menurutnya juga ada pengujian yang memerlukan waktu sampai satu bulan.

“Pengujian memerlukan waktu lama misalnya harus disandingkan dengan pengujian sebelumnya.

Terkadang pemohon meminta dibuatkan desai mix formula untuk campuran beton. Pembuatan mix formula memerlukan waktu, mulai dari pembuatan sampai perendaman. Tapi, ada juga pemohon yang langsung membawa sampel sehingga satu hari bisa selesai,” ujarnya seraya menambahkan pelayanan laboratorium dari Senin sampai Jumat sesuai jam kantor pukul 08.00 sampai 16.00 WITA. (mns/K-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya