Literasi Kalsel Dapat Penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka

Banjarmasin, KP – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan menerima penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka sebagai dearah tertinggi dalam indeks pembangunan literasi skala nasional yang diselenggarakan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia.

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, mengucapkan selamat dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Kadispersip Kalsel, Nurliani Dardie atas prestasinya dalam dunia literasi.

“Saya ucapkan selamat atas keberhasilan dan penghargaan Srikandi Literasi yang telah membawa nama Kalsel,”katanya Selasa (21/9/2021)

Sahbirin juga menyampaikan tentunya perjuangan dalam membangun literasi masyarakat di Kalsel tidak mudah. Meskipun Kalsel menempati peringkat pertama se Indonesia dengan Indeks Pembangunan Literasi tertinggi dengan nilai 48,7 persen, tentu bukan sebuah prestasi yang datang secara kebetulan dan tiba-tiba.

“Kerjasama yang kuat, sinergi yang baik antar pemangku kebijakan, dan yang tak kalah penting adalah menggerakkan komunitas-komunitas literasi untuk terus berperan aktif dalam mengedukasi masyarakat di perkotaan hingga ke pelosok pedesaan,” jelasnya.

Berita Lainnya
1 dari 3.674

Pemerintah terus berupaya semaksimal mungkin menyiapkan pelayanan yang terbaik dan akses literasi yang seluas-luasnya bagi masyarakat yang ada di Banua. “Dengan begitu, saya berharap ke depan minat baca masyarakat kita terus tumbuh dan berkembang. Sehingga akan lahir masyarakat yang cerdas, produktif dan kreatif ke depannya,” ucapnya.

Sementara, Kadispersip Kalsel Nurliani menyampaikan keberhasilan ini merupakan kerjasama dan dukungan dari Pemerintah Provinsi Kalsel, para budayawan, komunitas-komunitas literasi, para wartawan dan seluruh masyarakat Kalsel.

“Jadi itu modal yang dimiliki Kalsel yaitu semua stake holder dan lintas komunitas bahu-membahu untuk membumikan Iqra (membaca) dan mewujudkan Kalsel Cerdas,” jelasnya.

Nurliani menambahkan penghargaan ini tentunya semakin memacu dan memberi motivasi kepada Dispersip Kalsel untuk lebih meningkatkan lagi pelayanan-pelayanan yang prima kedepannya.

“Kita akan selalu memotifasi dan terus lekukan perubahan dalam mwningkatkan literasi,”pungkasnya. (fin/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya