Menabung Sampah Menjadi Rupiah

Barabai, KP – Aktivitas menabung sampah bukanlah hal hina tapi, merupakan suatu kegiatan yang sangat mulia. Karena, dengan aktivitas itu bisa menjadikan sampah bernilai ekonomis, serta secara tidak langsung turut pula menjaga lingkungan agar tetap lestari dan meminimalisir dampak ekologis pencemaran.

Salah satu yang sangat menarik adalah kegiatan yang dilakukan Depot Najwa BFC Barabai dengan rutin menabung sampah di Bank Sampah Urang Banua Desa Bawan (Urbandewan). Yang sangat mencengangkan adalah saldo dari tabungannya tersebut mencapai belasan juta rupiah.

Menurut pemilik Depot Najwa BFC Barabai H Safudin, Selasa (31/8/2021) mengungkapkan, sangat tertarik dengan cara pengelolaan dari Bank Sampah Urbandewan tersebut.

“Saya tutut tertarik, kebetulan bagus cara pengelolaannya. Sampah yang kita kumpulkan difasilitasi pengambilan dilokasi,” ungkapnya.

Lebih lanjut, dengan rutin mengumpulkan dan menabungkan sampah tersebut, kita turut menyajarkan kepada karyawan untuk mencintai terhadap lingkungan.

“Yang biasa kita kumpulkan berupa karton, plastik, sama yang banyak itu minyak jelantah yang bekas gorengan ayam di BFC kita,” tambahnya.

Sebelumnya, sekitar 3 tahun belakangan minyak jelantah itu kita buang saja, karena tidak tahu. Tapi, setelah adanya Bank Sampah tersebut langsung kita setorkan secara berlangganan. Selain itu, harganya pun bersaing di luaran.

Melalui akvititas tersebut, Safudin berharap supaya orang lain lebih peduli dengan sampah agar lingkungan menjadi bersih. Terlebih, menambah tabungan uang yang sewaktu-waktu mungkin kita butuhkan.

“Sambil kita informasikan kepada keluarga bahwa hampir semua sampah bisa bernilai ekonomis di Bank Sampah Urbandewan tersebut. Agar orang-orang semakin termotivasi untuk mengumpulkan sampah. Sehingga lingkungan menjadi lebih bersih dan meminimalisir pencemaran,” ujarnya.

Berita Lainnya
1 dari 495

Sementara itu, Muliyadi Saputra yang merupakan Mahasiswa S2 Jurusan Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan Universitas Lambung Mangkurat dan Founder Bank Sampah Urbandewan mengatakan, BFC Najwa tersebut merupakan nasabah pertama yang bergabung sejak 1 Januari 2021 silam.

Lebih lanjut, yang bersangkutan sangat bersemangat untuk menabung sampah dan rutin menyetorkan ke tempat kita.

“Tercatat, saldo Depot Najwa BFC hingga saat ini mencapai Rp 11.169.400,. Nasabah yang paling banyak tabungannya,” ungkapnya.

Muliyadi mengungkapkan, turut senang dan bahagia melihat begitu antusias para nasabah untuk menabung sampah di tempatnya. Karena, dengan aktivitas tersebut, kita turut menjaga lingkungan tetap lestari, serta menggaungkan gerakan #savemeratus untuk anak cucu nantinya.

Diketahui, Bank Sampah Urbandewan adalah Bank Sampah mandiri yang memfasilitasi untuk mengubah sampah yang sudah dipilah bernilai ekonomis. Bank Sampah ini terletak di Desa Bawan, Kecamatan Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST). Hadirnya Bank Sampah ini juga turut memberikan alternatif solusi masalah sampah yang ada di lingkungan sekitar.

Hadirnya Bank Sampah tersebut berawal dari Muliyadi Saputrayang sempat miris melihat banyak sampah dibuang berserakan. Padahal dari sampah-sampah yang berserakan tersebut, memiliki nilai ekonomis didalamnya.

Dengan berbekal rasa kepeduliannya dengan lingkungan, sehingga pada tanggal 1 Januari 2021 Muliyadi Saputra resmi mendirikan Bank Sampah Urban Dewan. Sebelumnya, ia sempat pula belajar mengenai pengelolaan Bank Sampah ini dari beberapa rekan yang menjalankan hal yang serupa, mulai dari Barabai, Majalengka, Jakarta, Kandangan, hingga Amuntai.

Berbagai macam sampah dapat dibeli dari masyarakat, mulai dari sampah plastik, besi, kertas, botol minuman, hingga minyak bekas. Selain dapat diuangkan langsung, sampah tersebut dapat pula ditabung dan dicatat sebagai nasabah disana.

Sampai saat ini tercatat sudah ada 78 nasabah yang rutin menabung sampah dan berasal dari berbagai kota. Dengan semakin banyaknya nasabah, maka semakin banyak pula masyarakat yang turut menjaga lingkungan serta bergabung dalam gerakan #savemeratus dari lingkungan terkecilnya.

Selain itu, untuk harga tukar sampah sendiri tiap bulannya tidak menetap. Nasabah atau calon nasabah dapat memantau di media instagram @banksampah_urbandewan untuk update harga terbaru yang akan diperbarui tiap bulannya. Ataupun kalau ingin kerjasama bisa juga menghubungi kontak tersebut agar lebih jelas infonya. (adv/ary/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya