Pentingnya Aspek Keselamatan Relawan Pemadam Saat Bertugas

Martapura, KP – Sebanyak 45 peserta mengikuti sosialisasi tentang pemadam kebakaran dan safety dalam bertugas yang diselenggarakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Damkar Kabupaten Banjar, di Desa Malintang, Kecamatan Gambut, Sabtu (4/9).

Kegiatan ini dibuka Camat Gambut yang diwakili Sekcam H Zakaria SAP dan dihadiri Pembakal setempat H Hamidan SAg.

Sosialisasi ini dilakukan dengan tujuan agar para relawan PMK selaku mitra kerja UPT Damkar Banjar, dapat memahami betapa pentingnya aspek keselamatan serta efektifitas dan efisiensi dalam setiap operasi dilapangan.

Berita Lainnya

Bupati Tutup Penjaringan Kader Muda LPTQ 2021

Kepengurusan PGRI Banjar Resmi Dilantik

1 dari 655

Kepala UPT Damkar Banjar Gusti Yudi mengatakan, pada umumnya para relawan sudah mengerti akan keselamatan dimaksud. Namun petugas dan relawan sendiri tidak menampik saat menerima informasi dan bertugas dilapangan, sangat sulit untuk mengendalikan efek panik dalam penanganan.

“Dan panik ini adalah musuh utama disetiap penangan. Mengendalikan kepanikan sebenarnya upaya utama agar penanganan tepat sasaran, efektif, efisien dan safety dalam setiap operasi,”ujarnya.

Dijelaskannya, kegiatan sosialisasi sehari ini digelar dengan penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dan diharap dapat diikuti secara maksimal semua peserta serta bisa mengaplikasikan materi yang didapat dalam tiap operasi dilapangan nantinya.

“Sehingga relawan tidak mengabaikan faktor keselamatan anggotanya dalam memberikan perbantuan layanan pemadaman kebakaran serta dapat melakulan koordinasi dan kerjasama tim dalam bertugas,” harap Yudi. (Wan/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya