PKM Rawat Inap Cikal Bakal RS Bumi Makmur

Pelaihari, KP – Pemerintah Kabupaten Tanah Laut (Pemkab Tala) sedang menyusun perencanaan pengembangan fasilitas pelayanan kesehatan untuk warga Kecamatan Bumi Makmur, yaitu pengembangan fasilitas Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) yang ada menjadi PKM Rawat Inap sebagai cikal bakal Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Kecamatan Bumi Makmur.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Tala HM Sukamta dalam rapat koordinasi pengembangan fasilitas dan pelayanan kesehatan Kecamatan Bumi Makmur Tahun Anggaran 2022, bertempat di Aula Pencerahan Bappeda, Selasa (14/9/2021).

Dalam rapat tersebut Sukamta menegaskan kepada para kepala instansi terkait yang hadir untuk segera merumuskan perencanaan dan perhitungan yang efektif untuk pembangunan PKM Rawat Inap. Hal ini dilakukan sebagai tahapan dalam membangun RSUD untuk warga Kecamatan Bumi Makmur.

“Belajar dari pengalaman sebelumnya, kita jangan fokus membangun gedung rumah sakit dulu kalau fasilitas alat kesehatan dan Sumber Daya Manusia (SDM) belum siap. Bertahap kita tingkatkan dulu fasilitas dan pelayanan yang ada di PKM Bumi Makmur menjadi PKM Rawat Inap, selanjutnya nanti kita bangun RS untuk melayani masyarakat yang lebih luas,” ungkap Sukamta.

Berita Lainnya
1 dari 509

Keputusan mengembangkan fasilitas kesehatan untuk masyarakat di Kecamatan Bumi Makmur bukanlah tanpa alasan. Jarak cukup jauh ke Pelaihari Kota dan kabupaten tetangga harus ditempuh masyarakat setempat apabila ingin dilayani di fasilitas kesehatan setara RS, hal inilah yang menjadi perhatian Pemkab Tala yang terus berupaya hadir dan memberikan pelayanan kesehatan yang merata bagi masyarakat Tala.

“Kecamatan Bumi Makmur memang berbatasan dengan kabupaten tetangga, kita tidak bisa tinggal diam kalau warga kita harus menempuh jarak lebih jauh ke kabupaten sebelah untuk pelayanan kesehatan,” imbuhnya.

Langkah serius segera diambil oleh para kepala instansi terkait dalam menyukseskan pembangunan PKM Rawat Inap di Kecamatan Bumi Makmur. Sukamta menargetkan jajarannya untuk menyelesaikan PKM Rawat Inap tersebut di tahun 2023 mendatang.

“Target kita Juni 2023 mendatang PKM Rawat Inap nya sudah bisa diresmikan dan langsung berfungsi. Jangan sampai bangunannya saja yang berdiri namun alat kesehatan tidak memadai atau SDM nya tidak ada. Semua harus disiapkan beriringan dari sekarang,” pungkas Sukamta. (rzk/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya