Gubernur Kalsel dan Bupati Tapin Panen Cabai Rawit Hiyung

Rantau, KP – Gubenur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor bersama Bupati Tapin HM Arifin Arpan, melakukan panen cabai Rawit Hiyung pertama di Lahan Rawa Lebak Desa Hiyung Kecamatan Tapin Tengah Kabupaten Tapin. Sabtu (9/10/2021) akhir pekan kemarin.

Panen Cabai Rawit Hiyung dalam rangkaian Tourdes Gubernur Kalimantan Selatan dalam melakukan pemantauan vaksinasi covid 19 bergerak di seluruh daerah Kalimantan Selatan.

Turut memanen Sekda Prov Kalsel Roy Rizali, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Prov Kalsel Syamsir Rahman, Kepala Dinas Pertanian Kab Tapin Wagimin.

Sebelum melakukan panen Gubernur bersama rombongan melihat hamparan cabai rawit hitung yang telah dipanen dan dijemur di atas gondokan lahan tanaman cabai yanag untuk dijadikan sambel dan abon.

Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor mengaku Luar biasa cabai rawit hiyung di Tapin, karena benar-benar pedas dan sayapun tidak tahan mencicipinya.

“Kita sangat bangga bisa panen cabai rawit hiyung di Kab Tapin yang terkenal 17 kali lipat pedasnya, secara bersama-sama, mudahan bermanfaat bagi kita semua,“ ucapnya.

Menurutnya keberadaan cabai rawit ini, sangat berpotensi sekali untuk dikembangkan lebih luas lagi, karena Cabe dibutuhkan oleh semua orang orang Indoensia bahkan luar negeri dan juga cabai terpedas di Indonesia.

Berita Lainnya
1 dari 296

“Cabe hiyung Tapin memiliki banyak potensi untuk dikembangkan untuk menjadi salah satu komoditas unggulan Kalimantan selatan,” katanya.

Pada kesmepatan itu Gubenur menjelaskan kedatangan kami ini, dalam rangkaian turdes keliling dari kabupaten ke kabupaten di Kalimantan Selatan untuk memantau pelaksanaan program vaksinasi bergerak.

“Jadi kedatangan kami sudah berkeliling dari Kota Banjarmasin ke Kab Tanah laut, Tanah Bumbu, Pesisir Laut Kotabaru, Balangan, Tanjung, Hulu Sungai Tengah (Barabai), Hulu Sungai Utara (amuntai), Hulu Sungai Selatan (Kandangan) dan ini di Kabupaten Tapin panen cabai sekaligus memantau pelaksanaan vaksinasi massal di Margasari,“ ujarnya.

Sementara itu Bupati Tapin HM Arifin Arpan, mengucapkan selamat datang Gubenur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor beserta rombongan datang ke tempat kami di Tapin melakukan panen cabai rawit hiyung dalam rangakaian turdes Gubenur Kalsel.

“Dengan kedatangan bapak Gubenur ini setidaknya sebagai bentuk dorongan dan melihat kodisi daerah dalam mengembangkan pertanian untuk menjadi lebih baik,“ kata Bupati.

Dikatakan Bupati bahwa pemerintah Kabupaten Tapin memiliki program salah satunya bidang pertanian yakni diantaranya baik bidang pangan tananaman padi maupun bidang hortikultura yakni cabai rawit hiyung serta bawang merah.

Untuk cabai Rawit Hiyung merupakan salah satu unggulan komoditas yang terus dikembangkan, Hingga saat ini banyak produk cabe hiyung yang mulai dipasarkan, mulai dari produk ulanan seperti abon cabe dan sambalnya dibuat dalam bentuk kemasan.

Pada kesempatan itu pula Gubenur Kalsel menyerahkan sejumlah bantuan untuk pertanian di Kabupaten Tapin dan rombongan tourdes Gubenrur Kalsel melanjutklan perjalanan ke Kabupaten Batola yang tidak jauh dari Kab Tapin. (abd/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya