Kemenhub Lounching Kapal Perintis KM Sabuk Nusantara 111

Kotabaru, KP – Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan melalui Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Stagen Kotabaru-Batu Licin berkomitmen mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat dengan merilis Kapal Perintis baru rute trayek Perintis R-12.


Kapal perintis yang melayani trayek R-12 ini adalah Kapal Motor (KM) Sabuk Nusantara 111 yang resmi diluncurkan oleh Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Capt Mugen Sartoto di Pangkalan Stagen, Kotabaru.


Wakil Ketua DPRD Kalsel, M Syaripuddin memberikan apresiasi atas dirilisnya kapal perintis baru rute trayek Perintis R-12.


“Kita apresiasi komitmen Kemenhub dalam meningkatkan layanan dan konektivitas di Indonesia terkhusus di Kalsel,” kata Bang Dhin, panggilan akrab M Syaripuddin, Minggu (24/10/2021), di Kotabaru.


Bang Dhin mengungkapkan, trayek R-12 ini merupakan rute yang diusulkan Pemprov Kalsel dalam memfasilitasi dan mendukung pergerakan masyarakat dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi lokal serta program strategis Pemprov sebagai lumbung pangan bagi Kawasan Ibu Kota Negara.


“Rute ini sebelumnya dilayani KM Prima Nusantara 01, kapal pengganti ketika KM Sabuk Nusantara 111 dalam masa pembangunan,” ujar politisi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan.

Berita Lainnya
1 dari 314
loading...


Bang Dhin menyampaikan bahwa pembangunan sarana transportasi laut dilakukan guna memperlancar arus penumpang, barang dan jasa sehingga akan memperlancar roda perekonomian dan membantu distribusi logistik di Kalsel.


“Kapal perintis ini bisa memperlancar arus penumpang, barang dan jasa serta distribusi logistik sehingga memperlancar roda ekonomi di Banua,” tambah Bang Dhin.


KM Sabuk Nusantara 111 berkapasitas lebih dari 400 penumpang dan melayani rute Kotabaru-Tanjung Samalantakan-Tanah Grogot-Balikpapan-Tanah Grogot- Tanjung Samalantakan-Kotabaru-Mamuju-Kotabaru.


Dengan beroperasinya kapal perintis KM. Sabuk Nusantara 111 ini sangat mendukung keberlangsungan konektivitas dan mobilitas orang dan barang wilayah-wilayah terpencil di Kotabaru.


“Diharapkan kapal perintis KM Sabuk Nusantara 111 bermanfaat bagi masyarakat dan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar,” ujar Bang Dhin.


Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas lll Kotabaru-Batulicin, Agus Sularto menyebutkan kapal perintis KM Sabuk Nusantara 111 mematok harga tiket yang sangat ekonomis.


“Untuk Setiap tripnya hanya bertarif Rp5.000 bagi penumpang ekonomi, dan untuk penumpang Kelas 1 dengan harga Rp19.500, nilai ini sangat ekonomis,” ujar Agus Sularto. (lyn/KPO-1)

KP/DPRD Kalsel
KAPAL PERINTIS – Wakil Ketua DPRD Kalsel, M Syaripuddin menghadiri launching kapal perintis KM Sabuk Nusantara 111 untuk mendukung konektivitas dan mobilitas orang maupun barang di wilayah terpencil Kotabaru.

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya