Pemkab Dorong Naker Miliki Sertifikasi

Pelaihari, KP – Pemerintah Kabupaten Tanah Laut (Pemkab Tala) mendorong setiap tenaga kerja (naker) untuk mengikuti program pelatihan sertifikasi kompetensi. Hal tersebut disampaikan Bupati Tala yang diwakili Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Tala H Akhmad Hairin saat membuka acara Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Port Basic Safety and Security Training (PBSST) untuk Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Pelabuhan di Aula Sinar Hotel Pelaihari, Sabtu (9/10/2021).

Dalam sambutan bupati yang dibacakan Hairin, pihaknya berharap para naker terus meningkatkan kompetensi dengan mengikuti diklat-diklat resmi bersertifikasi. Hal ini sangat diperlukan sebagai tanda naker tersebut memiliki kualitas dan legalisasi resmi dari lembaga sertifikasi.

“Sekarang perusahaan-perusahaan lebih selektif dalam merekrut tenaga kerja yang profesional, yang memiliki pengalaman dan sertifikat keahlian tentu dipandang lebih dan berpeluang besar untuk dipekerjakan. Naker harus punya pola pikir profesional kerja seperti ini, ikuti diklat resmi yang menunjang status profesional kerja agar diakui oleh para pencari kerja”, ungkapnya.

Berita Lainnya
1 dari 509

Lebih lanjut Hairin mengapresiasi Koperasi TKBM KIPUh (Komite Pemberdayaan Ummah) selaku penyelenggara diklat yang bekerjasama dengan Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Laut (BPPTL) Jakarta. Diklat kali ini dinilai sangat membantu Pemkab Tala dalam mendukung salah satu program unggulan pemerintahan Sukamta-Abdi Rahman yaitu target pelatihan 500 naker siap kerja per tahun.

“Pemkab Tala sudah memiliki program pelatihan siap kerja bersertifikasi dengan target 500 orang per tahun, diklat ini sangat membantu kita untuk mempercepat target tersebut. Kita apresiasi kepada panitia penyelenggara dan sangat menyambut baik kegiatan ini, semoga diklat-diklat selanjutnya bisa dilaksanakan untuk mensertifikasi naker kita”, pungkasnya.

Diklat sertifikasi kompetensi kali ini digelar selama tiga hari untuk para TKBM yang bekerja di pelabuhan Tala. Terdata peserta yang hadir mengikuti diklat tersebut berjumlah 101 orang. Turut berhadir pada pembukaan diklat tersebut Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Tala Gentry Yuliantono, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerind) Tala Masturi Sulaiman, Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Kintap Benny Berkiah Pandelaki, perwakilan BPPTL Jakarta, dan perwakilan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Jakarta. (rzk/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya