PTM Terbatas SMA di Kalteng Resmi Dicanangkan

PTM terbatas dilaksanakan dalam rangka menindaklanjuti Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) dengan uji coba selama tiga minggu.

PALANGKA RAYA, KP — Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo meninjau dan canangkan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas di SMAN 1 Palangka Raya, Senin (11/10).

Menurut Wagub PTM terbatas dalam rangka menindaklanjuti Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) dan hasil uji coba 3 minggu.

Pencanangan terbatas ini menindaklanjuti hasil Surat dari Inmendagri dan juga hasil uji coba 3 minggu dan “ternyata di Kota Palangka Raya khususnya berjalan dengan baik, beberapa Daerah juga baik” ungkap Wagub.

Ditegaskan, pada PTM terbatas sekolah telah mempersiapkan pengaturan siswa yang hadir ke sekolah berdasarkan kelasnya.

“Tatap muka dilaksanakan hanya 50 persen. Di SMAN 1 diatur pagi 50 persen, terus gantian sekolah yang siang 50 persen.

Berita Lainnya
1 dari 952

Salah satu syarat mengikuti PTM terbatas yakni harus mendapatkan persetujuan dari orang tua siswa. “Tujuan dari PTM terbatas, kalau ditemukan kasus baru maka akan di lockdown atau ditutup sementara.

Sementara itu Plt. Kadisdik Kalteng A Syaifudi, menjelaskan ada sebanyak 401 Sekolah dibawah Pemerinrah Provinsi yakni jenjang Pendidikan SMA/SMK/ SLB sudah dikondisikan dilapangan untuk PTM terbatas serentak.

Untuk pelaksanaannya, sebagai Dasar Hukum tetap merujuk pada Surat Keputusan Bersama (SKB) empat Menteri, Inmendagri terbaru Nomor 48 Tahun 2021, pedoman PTM terbatas SMA/SMK/SLB dimasa pandemi Tahun Ajaran 2021/2022 yang disusun oleh Dinas Pendidikan.

PTM terbatas karena esensialnya terbatas, berarti ada pengaturan jumlah kehadiran siswa di Sekolah. Metode yang digunakan daring dan luring, tatap muka dan tatap maya. Salah satu contoh, 1 ruang kelas yang normalnya 36 siswa, dimasa pandemi ini dengan status PPKM Level 2 dan Level 3, kita membagi 50 persen saja, yakni 18 orang didalam kelas dan 18 siswa di rumah. Jadi ada daring dan ada luring.

Wagub saat meninjau sempat menyapa siswa SMA/SMK/SLB yang melaksanakan PTM terbatas di Kabupaten/Kota se-Kalteng melalui video conference.

Usai meninjau pencanangan PTM terbatas di SMAN 1 Palangka Raya, Wagub didampingi Plt. Kadisdik Kalteng dan Koordinator Pengawas SMA/SMK/SLB Prov. Kalteng meninjau pencanangan PTM terbatas di SMKN 2 Palangka Raya.(drt/k-10)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya