Puluhan Desa di Tapin Deklarasikan ODF Stop BABS

Rantau, KP – 82 Kepala Desa di 7 Kecamatan Se Kabupaten Tapin deklarasikan Open Defection Free (ODF) Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS), bertempat Aula Tamasa Sekretariat Daerah Tapin. Selasa (5/10/2021) kemarin siang.

Deklarasi dihadapan Bupati Tapin HM Arifin Arpan dengan melakukan penandatangan Bersama kometmen stop buang air besar sembarangan disaksikan Dandim 1010 Rantau Letkol Inf Andi Sinrang, Kapolres Tapin AKBP Pipit Subiyanto dan Kepala Dinas Kesehatan Tapin Alfian Yusuf.

Open Defection Free (ODF) Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) adalah kondisi setiap individu dalamkumonitas tidak buang air besar semabarangan. Pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat yang sangat berpengaruh pad apenyebaran penyakit berbasis lingkungan. ODF adalah adalah prose smemastikan bawa secara kolektif warga masyarakat telah bebas dari prilaku buang air besar sembarang.

Bupati Tapin HM Arifin Arpan dalam arahannya menyampaikan, mengapresiasi kegiatan komitmen stop buang air besar sembarangan, berharap dengan kometmen Bersama dapat mewujudkan warga masyarakat kita tidak buang air besar sembarang apalagi kesungai demi mewujudkan Kabupaten Tapin menjadi Kabupaten yang sehat.

“Berharap kegiatan ini nantinya dapat di umumkan kepada masyarakat luas bahwa desanya sudah stop buang air besar sembarangan. Sehingga dapat memotivasi an menjadi contoh kepada masyarakat desa lainnya,“ Jelasnya.

Diakui Bupati bahwa masyarakat kita masih ada yang buang air besar tidak pada tempatnya, namun kita terus berbenah agar kedepan warga tidak lagi buang air besar sembarangan. Karena dengan berhenti buang air besar sembarangan sebagai upaya kita untuk prilaku hidup bersih dan sehat karena sanitasi yang sesuai serta tanpa mencemari lingkungan sekitar.

“Dengan buang air besar di tempat yang sesuai mencerminkan prilaku hidup bersih dan sehat,” katanya.

Semoga komitmen yang kita sepakati bersama ini bukan hanya sampai disini tetapi menjadi aksi nyata untuk kedepannya, sehingga menjadikan warga kita sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Berita Lainnya
1 dari 296

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tapin Alfian Yusuf mengatakan, deklarasi Komitmen Bersama Untuk Mewujudkan Kabupaten Tapin Bebas Buang Air Besar Sembarangan.

Di Kabupaten Tapin jumlah desa yang sudah bebas buang air besar sembarangan sebanyak 82 desa/kelurahan dari 135 desa/kelurahan (60,7 persen) dan ada 53 (39,3 persen) desa lagi yang belum bebas buang air besar sembarangan.

Kemudian untuk akses sanitasi layak dari 57.507 KK di Kabupaten Tapin yang mempunyai akses sanitasi layak sebesar 48.614 KK (81,73 persen) sedangkan 8.893 KK (18,27 persen) masih BAB di sembarang tempat.

Pemerintah Kabupaten Tapin mempertegas komitmennya dalam pembangunan sanitasi, dengan memasukkan pendekatan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), menjadi bagian dari Rencana Tindak Percepatan Pencapaian Sasaran Program Pro Rakyat.

“Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan pendekatan untuk merubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan,“ jelasnya.

Indikator routcome STBM yaitu menurunnya kejadian penyakit diare dan penyakit berbasis lingkungan lainnya yang berkaitan dengan sanitasi dan perilaku. Sedangkan salah satu indikator output STBM antara lain sebagai berikut, Setiap individu dan komunitas mempunyai akses terhadap sarana sanitasi dasar sehingga dapat mewujudkan komunitas yang bebas dari buang air di sembarang tempat (ODF).

Untuk mewujudkan tersebut pemerintah daerah melalui OPD terkait sudah melakukan beberapa upaya dalam menerapkan perilaku hidup bersih sehat dengan cara membangunkan jamban kelompok, penyedian air bersih dan penyuluhan masyarakat agar tidak BAB sembarangan.

Dalam percepatan deklarasi itu, secara simbolis diwakili 7 kepala desa dan bupati Tapin menandatangani deklarasi kometmen bersama Open Defection Free (ODF) Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS). (abd/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya