Sukamta Luncurkan Aplikasi Siskeudes dan Siswaskeudes

Pelaihari, KP – Guna memperkuat transparansi dan pengawasan terhadap pengelolaan keuangan desa, Pemerintah Kabupaten Tanah Laut (Pemkab Tala) meluncurkan Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) dan aplikasi Sistem Pengawasan Keuangan Desa (Siswaskeudes) untuk digunakan pemerintah desa (pemdes) se-Tala. Secara resmi peluncuran aplikasi tersebut dilakukan Bupati Tala HM Sukamta pada pertemuan yang digelar di Aula Pencerahan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Tala, Kamis (7/10/2021).

Dalam sambutannya, Sukamta menyambut baik atas peluncuran aplikasi Siskeudes dan Siswaskeudes dari Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) yang bekerjasama dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) ini. Menurutnya, dana desa yang begitu besar memang memerlukan sistem pengelolaan dan pelaporan keuangan yang menunjang dan mudah digunakan oleh pemdes.

“Dengan aplikasi Siskeudes ini maka pemdes bisa lebih mudah dan cepat membuat laporan keuangan desa, pejabat pengawas di kabupaten juga bisa lebih mudah mengetahui desa mana yang pengelolaan keuangannya transparan dan jelas dalam pelaporan”, ungkap Sukamta.

Berita Lainnya

Sukamta Resmikan TK Fadillatul Hikmah

1 dari 506

Lebih lanjut Sukamta meyakini aplikasi Siswaskeudes akan sangat membantu peran Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) yang terdiri dari BPKP dan Inspektorat Tala dalam mengawasi pengelolaan keuangan desa. Tentunya diperlukan komitmen seluruh pihak dalam menyukseskan implementasi aplikasi tersebut. Selain mempermudah tugas pejabat terkait, aplikasi Siskeudes dan Siswaskeudes juga dapat mencegah pejabat pemdes dari permasalahan hukum dalam mengelola dana desa.

“Aplikasi ini akan sangat membantu APIP dalam mengawasi pengelolaan keuangan pemdes. Langkah ini juga sebagai deteksi dini agar pejabat pemdes terhindar dari masalah hukum kalau laporannya keuangannya tepat sasaran, transparan dan akuntabel. Kita harus komitmen dan mendukung penggunaan aplikasi ini”, pungkasnya.

Selain peluncuran aplikasi Siskeudes dan Siswaskeudes, pada acara tersebut juga dilakukan penyerahan piagam prestasi dari BPKP kepada Inspektorat Tala yang telah mencapai Kapabilitas APIP Level 3. Penyerahan piagam tersebut dilakukan Kepala Perwakilan BPKP Kalimantan Selatan Rudy Mahani Harapap PhD kepada Bupati Tala HM Sukamta.

Turut berhadir pada acara tersebut melalui virtual zoom meeting, Inspektur Jenderal Kemendagri Dr Tumpak Haposan Simanjuntak MA, Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah Raden Suhartono MAk, Kasatgas Koordinasi Dan Supervisi Wilayah 3 KPK Uding Juharudin, para pejabat di lingkungan Pemkab Tala dan para kepala desa se-Tala. (rzk/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya