UMKM Harus Terus Didorong Naik Kelas

Banjarmasin,KP- Anggota komisi II DPRD Kota Banjarmasin Bambang Yanto Permono mengatakan, para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) harus terus didorong agar naik kelas.

” Dorongan ini harus diberikan agar para pelaku UMKM cepat kembali bangkit dari dampak pandemi Covid-19,” kata Bambang Yanto kepada {KP} Kamis (30/9/2021) kemarin.

Menurutnya, salah satu upaya yang dilakukan adalah selain mendorong dan membina UMKM yaitu menerapkan sistem digitalisasi.

Bambang Yanto menandaskan, upaya itu harus dilakukan karena selama pandemi Covid-19 mau tidak mau “memaksa” orang untuk akrab dengan dunia digital.

Anggota dewan dari Fraksi Partai Demokrat ini memaparkan, selama masa pandemi pemerintah pusat dan kota telah mengeluarkan kebijakan dengan memberikan modal usaha untuk para pelaku UMKM.

Berita Lainnya
1 dari 3.707

Kebijakan itu lanjutnya, tentunya menjadi salah satu perbandingan yang harus diperhatikan para investor saat menawarkan program investasi kepada UMKM. Khususnya terkait soal pemasaran.

” Jelasnya para pelaku UMKM harus diberikan dulu soal penjualan atau pemasaran produk mereka ada pembelinya atau tidak,” ujar Bambang Yanto.

Dikatakan, UMKM dan investor jangan sampai terbebani produk yang dijual tidak memberikan signifikan kepada penjualan.

Lebih jauh ia mengakui, sejak periode pertama Ibnu Sina menjabat Walikota Banjarmasin dalam salah visi-misinya adalah memprogramkan peningkatan perekonomian kota ini salah satunya melalui para pelaku UMKM.

“Namun menyusul pandemi Covid-19 sejak tahun 2020 silam cukup berdampak signifikan terhadap UMKM, sehingga saat ini program difokuskan pada pemulihan ekonomi. Tak terkecuali untuk UMKM ,” demikian kata Bambang Yanto. (nid/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya