Bupati Buka Pekan Kebudayaan HSS

Kandangan, KP – Event Pekan Kebudayaan Hulu Sungai Selatan (HSS) digelar di Halaman Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) HSS, dalam rangka memeriahkan hari jadi ke-71 Kabupaten.

Bupati HSS Achmad Fikry membuka kegiatan itu, Senin (15/11/2021) didampingi Ketua DPRD HSS Akhmad Fahmi selaku Ketua Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisonal (KPOT) HSS.

Bupati HSS Achmad Fikry mengaku bersyukur, di HSS banyak seni budaya berdasarkan kearifan lokal. “Masing-masing kecamatan di HSS punya keariban lokal dan punya keunggulannya,” ungkap Achmad Fikry.

Hal itu ujarnya, tentunya harus dipertahankan sampai ke depan, salah satunya merangsang dengan adanya kegiatan seperti pekan budaya tersebut.

Berita Lainnya
1 dari 630

Bupati berpesan, protokol Kesehatan tetap diterapkan selama kegiatan agar Pekan Budaya punya nilai yang sesuai harapan, dalam menunjukkan kreatifitas dan saling bersilaturrahmi.

Kepala Disdikbud HSS Siti Erma mengatakan, tujuan dilaksanakannya event tersebut untuk memperkenalkan dan menumbuhkembangkan rasa cinta peserta didik pada kebudayaan tradisional.

Serta, sebagai upaya perlindungan dalam kelestarian terhadap budaya lokal yang masih ada.

Pekan Kebudayaan yang dilaksanakan Disdikbud dan KPOT HSS itu berlangsung 15 sampai 20 Nopember 2021. Acara itu menampilkan berbagai hiburan seperi lomba dan permainan tradisional yaitu Gulinding Kulikar, Balogo, Basumpit, Festival Lagu Banjar, Tari Kurung-kurung, Main Ketapel, Bagasing, Tari Bakanjar, Musik Panting, Roboh Menara, dan Mahumbal.

Peserta yang mengikuti event itu yakni pelajar SD sederajat 190 orang dan SMP sederajat 123, dengan total 325 orang. (tor/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya