Pemko Sapu Bersih Baliho Bando Jalan A Yani

Penertiban yang dilakukan aparat Satpol PP Kota Banjarmasin sejak Jumat (29/10) malam lalu itu berhasil ‘membersihkan’ sebanyak 10 titik bangunan reklame bando

BANJARMASIN, KP – Penertiban bangunan baliho bando yang melintang di sepanjang Jalan A Yani, Kota Banjarmasin akhirnya selesai.

Penertiban yang dilakukan aparat Satpol PP Kota Banjarmasin sejak Jumat (29/10) malam lalu itu berhasil ‘membersihkan’ sebanyak 10 titik bangunan reklame bando.

Benar saja, dari pantauan Kalimantan Post, di sepanjang Jalan A Yani Km 2 hingga Km 6 sudah tidak ada lagi pemandangan bando yang biasanya membentang di atas jalan raya protokol itu.

Kepala Bidang (Kabid) Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat (Tibum Tranmas) Satpol-PP Kota Banjarmasin, Hendra mengatakan, pihaknya perlu 12 hari untuk menyelesaikan tugas yang diperintahkan langsung oleh Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina tersebut.

“Terakhir kita selesaikan tanggal 9 November malam. Dan selesai tanggal 10 November dini hari. Itu termasuk dengan tiang-tiang sisa pembongkaran sebelumnya,” ucapnya saat ditemui awak media di ruang kerjanya, Kamis (11/10) siang.

Padahal sebelumnya, Kepala Satpol PP Kota Banjarmasin, Ahmad Muzaiyin menargetkan proses pembongkaran bangunan baliho bando selesai dalam 10 hari.

Berita Lainnya
1 dari 3.926

Lantas, mengapa pembongkaran kali ini sampai memakan waktu selama 12 hari pengerjaan?

Terkait hal itu Hendra menjelaskan, dalam proses penertiban baliho bando, jajarannya kerap terkendala dengan faktor cuaca. Dimana akhir-akhir ini, hujan kerap mengguyur pada malam hari.

Disamping itu, kendala yang kerap dihadapi petugas di lapangan adalah perlawanan dari pemilik bando. “Efektifnya kita selesaikan penertiban ini dalam waktu 12 hari. Sedangkan waktu yang diberikan Kepala Satpol 15 hari. Walaupun kontrak pengerjaan dengan pihak ketiga itu satu bulan,” jelasnya.

Ia menambahkan, bahwa sisa material baliho bando yang jajaranya tertibkan, telah diamankan di komplek PDAM jalan Pramuka.

Kemudian, sisa-sisa material itu diserahkan ke SKPD terkait, dalam hal ini adalah bagian aset di Badan Keuangan Daerah (Bakueda) untuk pengambilan oleh pemilik bando.”Kita persilahkan kalau pemilik ingin mengambilnya kembali,” pungkasnya.

Disamping itu, ia menambahkan, selanjutnya penertiban baliho bando juga akan kembali dilakukan di kawasan lain pada tahun depan.

Mengingat total keseluruhan baliho bando yang ada di Banjarmasin berjumlah 14 titik. Dimana 10 titik diantaranya berada di jalan Ahmad Yani, dan 4 titik sisanya tersebar di beberapa kawasan. Anggaran untuk pelaksanaan penertibannya pun, telah dialokasikan dalam APBD Murni 2022.

“Empat titik baliho bando lagi pada tahun depan akan kita tertibkan. Di antaranya ada di Kayutangi dan S. Parman. Akan kita mulai sesuai SOP. Mulai dari SP 1 sampai SP 3,” tuntasnya. (Zak/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya