Pendataan Keluarga 2021 untuk Kerjasama Lintas Sektoral

Palangka Raya, KP – Penjabat Sekretaris Daerah Nuryakin menyampaikan bahwa pendataan keluarga 2021dapat dimanfaatkan dalam berbagai bentuk kerjasama lintas sektor antara pemerintah pusat, pemerintah daerah dan seluruh pemangku kepentingan.

Hal tersebut diungkapkan Nuryakin saat memberikan sambutan pada acara Pembukaan Diseminasi hasil Pendataan Keluarga Tahun 2021 Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah, di Hotel Luwansa, Kota Palangka Raya, Selasa (23/11).

Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah serta pemangku kepentingan di seluruh tingkatan wilayah dapat memanfaatkan data hasil pendataan keluarga 2021 ini dalam berbagai bentuk kerjasama lintas sektor. Apalagi, saat ini kita tengah dihadapkan dengan upaya-upaya percepatan penurunan stunting di kalimantan tengah

Sehingga hasil pendataan keluarga ini seharusnya “dapat benar-benar dimanfaatkan untuk menentukan lokus wilayah yang membutuhkan intervensi intensif”, terangnya.

Badan Kependudukan Dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) telah menyelenggarakan Pendataan Keluarga 2021 (PK21) pada tanggal 1 april-20 Juni 2021 secara serentak di seluruh Indonesia dalam rangka menyediakan data keluarga Indonesia by name by address yang akurat, valid, relevan dan dapat dipertanggungjawabkan.

Berita Lainnya

Nopember 2021, Kalteng Inflasi 0,28 Persen

Raperda APBD Kalteng 2022 Disetujui

1 dari 621

Melalui pendataan keluarga 2021 diharapkan mampu melahirkan kebijakan yang berlandaskan bukti empiris, sehingga menghadirkan program-program pembangunan yang tepat sasaran.

Setelah melalui proses yang cukup panjang serta menghadapi berbagai tantangan yang diantaranya adalah Pandemi Covid-19, Kesulitan geografis dan terbatasnya sarana prasarana teknologi informasi, akhirnya kita dapat menyaksikan serta menikmati bersama-sama hasil dari kerja keras seluruh pihak yang terlibat pada pelaksanaan PK 21 ini.

Dikatakan, “kita semua tentu berharap agar hasil PK 21 dapat benar-benar memicu lahirnya Evidence Based Policy atau kebijakan yang berlandaskan bukti empiris, sehingga menghadirkan program-program Pembangunan yang tepat sasaran,” jelasnya.

“Kami berharap agar hasil PK 21 ini benar-benar menghasilkan manfaat yang sebesar-besarnya bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya di kalimantan tengah,” ungkap Pj. Sekda.

Kegiatan juga dihadiri di antaranya Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Kalimantan Tengah Muhammad Irzal dan Pelaksana Tugas Kepala Biro Kesejahteraan Keluarga Aryawan. (drt/k-10)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya