Komunitas Digital Tanggap Darurat Bencana Banjir

Oleh : Finki Dona Marleny
Dosen Informatika dan Komputer

Bencana banjir yang terjadi diwilayah Kalimantan Selatan pada bulan Januari tahun 2021 tercatat sebagai banjir terbesar selama beberapa dekade terakhir dari data yang diinformasikan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Memasuki penghujung tahun 2021 beberapa daerah yang rentan akan banjir terlihat kembali terendam, hal ini diinformasikan dari berbagai media digital dan postingan di beberapa media sosial serta informasi lainnya yang secara langsung melaporkan saat kejadian ataupun setelahnya. Media-media online yang terkait dengan informasi kondisi banjir di berbagai daerah di wilayah Kalimantan Selatan dapat di pantau melalui media digital dan yang paling sering dijumpai yaitu melalui sosial media.

Sosial media memiliki keunggulan di dalam penyampaian informasi yang lebih cepat namun belum tentu akurat. Karena pengguna sosial media memiliki pengikut yang disebut sebagai komunitas digital yang kemungkinan berada di daerah terdekat atau daerah yang terdampak langsung lokasi bencana banjir. Informasi terkait kondisi dan lokasi yang terdampak banjir dapat di informasikan secara langsung atau tidak yang berupa gambar dan video pendek. Komunitas digital dapat membuat dan membagi informasi bagi komunitasnya. Karena informasi dapat dengan mudah di bagi maka akun sosial media harus mendapatkan kepercayaan masyarakat untuk dapat membagikan informasi yang memang dibutuhkan oleh masyarakat. Untuk mendapatkan kepercayaan masyarakat dalam informasi yang darurat komunitas digital biasanya memberikan informasi yang mudah dipahami masyarakat umum mencantumkan narasi yang sesuai dengan postingan yang berupa gambar atau video pendek yang akan dibagikan dan diinformasikan di postingan sosial media.

Komunitas digital yang terbentuk dari para pengguna dapat membantu pihak-pihak terkait akan informasi yang berkaitan dengan tanggap darurat bencana banjir. Dimana komunitas digital terbentuk dari pengguna sosial media di daerah sekitar terdampak bencana yang memanfaatkan teknologi informasi sebagai media untuk menunjang kebutuhan informasi terhadap tanggap darurat bencana banjir.

Berita Lainnya

Acara Islami yang Tidak Islami

Bahaya Belajar Teks Agama Secara Leterlek

1 dari 540
loading...

Informasi tentang situasi dan kondisi banjir yang didapat dari komunitas digital melalui sosial media cenderung cepat tersampaikan. Karena para pengguna berada langsung di daerah yang terdampak dan dengan harapan segala informasi yang telah maupun akan dilakukan dapat dengan mudah diketahui dan dibagi ke sesama anggota komunitas. Sehingga informasi tentang tanggap darurat banjir segera tersampaikan oleh warga sekitar atau pihak-pihak yang terkait yang lokasinya dekat dengan daerah terdampak. Selain itu dapat meningkatkan kewaspadaan masyarakat akan terjadinya bencana, bagaimana dan apa yang harus diwaspadai. Contohnya komunitas digital melalui sosial media menyampaikan informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) tentang kewaspadaan akan warga sekitar yang rumahnya berdekatan dengan bantaran sungai, mengingatkan warga agar menyediakan Tas darurat untuk kebutuhan keluarga serta memberikan informasi terkait siaga akan bencana.

Dari jejak-jejak digital terlihat peran komunitas digital dalam menyebarkan informasi dan kondisi terkini dari daerah yang terdampak banjir. Mulai dari pemantauan aliran air sungai yang menandakan siaga banjir sampai dengan tanggap darurat bencana banjir. Namun, tidak banyak yang tahu tanggap darurat bencana. Tanggap darurat bencana adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan dengan segera saat terjadi bencana, untuk menangani dampak bencana yang ditimbulkan. Disinilah sebagian peran komunitas digital dalam tanggap darurat bencana yaitu komunitas digital dapat membantu dalam hal identifikasi dampak yang ditimbulkan meliputi cakupan lokasi bencana, jumlah korban, kerusakan sarana dan prasarana, dan gangguan pelayanan umum.

Contoh peran komunitas digital yang meliputi cakupan lokasi bencana adalah jejak postingan berupa gambar dan video pendek lokasi bencana. Pihak-pihak terkait serta masyarakat dapat memantau adanya lokasi-lokasi yang terdampak. Dimana dari gambar dan video pendek yang dibagikan oleh komunitas digital tanggap darurat bencana banjir dapat menelusuri lokasi yang terdampak dari informasi yang dibagikan oleh komunitas digital. Dengan adanya peran komunitas digital dalam hal membagikan informasi terkait kerusakan sarana dan prasarana serta gangguan pelayanan umum. Para dermawan yang ingin menyalurkan bantuan serta donasi juga mendapatkan referensi dari informasi yang dibagikan oleh komunitas digital tanggap bencana.

Peran komunitas tanggap darurat bencana banjir akan informasi tahapan tanggap bencana sangat penting untuk diinformasikan dalam upaya pemulihan kembali setelah terjadinya banjir serta membangun kesadaran pihak-pihak terkait dan masyarakat setelah terjadinya bencana dalam upaya mengurangi dan mencegah resiko terjadinya banjir dikemudian hari.

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya