Gelar Musrenbang RKPD, Bupati Ingin Tingkatkan IPM Tala 2023 Melalui Tiga Komponen Utama


Pelaihari, KP – Ada tiga komponen yang menjadi titik utama dalam meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Tanah Laut (Tala) pada tahun 2023, diantaranya adalah ekonomi, kesehatan, dan pendidikan. Demikian disampaikan oleh Bupati Tala HM. Sukamta usai mengikuti kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Tala tahun 2023 di Aula Pencerahan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Tala pada Selasa (29/3/2022).


“Pemulihan ekonomi jadi fokus kita pada tahun 2023 dengan bagaimana kita meningkatkan pertumbuhan perekonomian di Tanah Laut, ini perlu sebuah strategi yang tepat, salah satunya dengan mendorong sektor-sektor produksi kita agar produktivitasnya meningkat,” kata bupati.


“Kita juga perlu melakukan penanganan stunting, tidak cukup apabila pengawasan baru dimulai dari seribu hari kelahiran anak, tetapi kita berikan edukasi sejak pra nikah untuk remaja-remaja kita ini akan berdampak pada angka harapan hidup di Tala,” tambah bupati.


“Pendidikan kita nantinya juga harus sudah mengarah kepada digitalisasi pendidikan karena ini akan lebih efisien dan dapat mejangkau lebih banyak siswa, hal-hal yang menjadi kendala seperti sinyal akan segera kita tanggulangi,” lanjutnya.


Sebagai upaya pemulihan ekonomi dari dampak Covid-19 yang mendera di Kabupaten Tala, bupati juga terus mendorong belanja-belanja pemerintah untuk dilakukan melalui e-marketplace lokal yakni Sistem Order Semua Instansi Lingkup Tanah Laut (Sosialita).

Berita Lainnya
1 dari 1.495
loading...


“Untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, kita membuka toko daring milik kita melalui Sosialita supaya belanja pemerintah itu yang jadi penyedianya adalah UKM, UMKM, IKM, Koperasi, Bumdes di Tala, sehingga belanja pemerintah itu tetap ada di Tala,” harap bupati.


Tema pembangunan Kabupaten Tala yaitu meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah untuk pemantapan kebijakan berinteraksi dalam membina desa dan menata kota sebagai pondasi pembangunan yang berkelanjutan.

Adapun prioritas pembangunan Kabupaten Tala diantaranya meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah, peningkatan kualitas sumber daya manusia, akuntabilitas pemerintahan dan pelayanan publik serta pemantapan infrastruktur, lingkungan hidup dan ketahanan bencana.


Rangkaian kegiatan Musrenbang RKPD Kabupaten Tala tahun 2023 dibuka oleh Bupati Tala yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tala H. Dahnial Kifli.

Kegiatan dihadiri oleh Forkopimda Tala dan kepala SKPD lingkup Pemkab Tala baik secara tatap muka maupun via daring zoom meeting.

Pemaparan materi disampaikan oleh perwakilan Bappeda Provinsi Kalsel, Kepala Bappeda Kabupaten Tala dan jajaran Kepala Bidang Bappeda Tala.


Pada kesempatan tersebut, dilakukan pula tanda tangan berita acara Musrenbang RKPD Kabupaten Tala tahun 2023 oleh Bupati Tala, Ketua DPRD Tala, Sekda Tala, Staf Ahli, Kepala SKPD terkait, pihak Baznas dan perwakilan tokoh masyarakat. (Rzk/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya