Hapus Anggapan ‘Terlalu Tinggi Bermimpi’ Dalam Kamus Kehidupan

Banjarmasin, KP – Rasa minder yang biasanya melekat dalam diri anak penghuni panti asuhan sering menjadi penghalang untuk mengembangkan bakat dalam diri mereka.

Hal itulah yang jadi landasan bagi organisasi Kolaborasi Pemuda Indonesia (KOPI) Kota Banjarmasin, untuk kembali menggelar program roadshow ramadan ke panti-panti asuhan.

Kali ini, program Roadshow KOPI Banjarmasin digelar di Panti Asuhan Ar-Risalah, Komplek Bumi Graha Lestari, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara.

Ketua DPD KOPI Banjarmasin, Dian Firdaus Yusuf menilai, rasa pesimis yang masih tertanam dalam diri, akan menjadi momok bagi para pemuda yang hidup di panti asuhan ketika terjun ke masyarakat.

Padahal menurutnya, seorang pemuda harus mempunyai pemikiran yang luas dan inovatif agar bakat terpendam yang ada dalam dirinya bisa berkembang.

Sehingga, dalam program roadshow ini selain menggelar buka bersama dengan anak yatim penghuni panti asuhan, pihaknya akan menanamkan motivasi kepada mereka.

“Apa yang disampaikan ini bertujuan agar mereka tetap memiliki kepercayaan diri dalam cara berpikir pemuda kita di panti asuhan, terutama dalam menjalani kehidupan bermasyarakat,” ucapnya disela kegiatan yang digelar, Minggu (10/4) petang.

Bukan tanpa alasan, ia melihat para penghuni panti asuhan tersebut mayoritas berisi anak yatim yang masih duduk di bangku SD dan SMP. Hanya beberapa saja yang SMA dan kuliah.

Dan biasanya, ia membeberkan, kurangnya kepercayaan diri di kalangan penghuni panti asuhan ini menjadi momok tersendiri bagi mereka, dibandingkan dengan anak-anak di luar panti.

Karena itulah, pihaknya memberikan motivasi untuk menanamkan kepercayaan diri yang tinggi dalam pola berpikir anak-anak penghuni panti.

“Hapus anggapan terlalu tinggi bermimpi dalam kamus kehidupan. Karena imajinasi dan pemikiran kaum muda ini masih sangat terbuka dan mudah untuk berinovasi,” imbuhnya.

loading...

“Disamping itu juga agar tidak ada lagi yang merasa berbeda ketika berhadapan dengan temannya di luar panti. Karena semua berhak mendapatkan kesempatan yang sama di mata masyarakat,” ungkap pemuda yang akrab disapa Daus itu.

Di sisi lain, ia menjelaskan, bahwa kegiatan hari ini adalah pembuka sari rangkaian program roadshow KOPI Banjarmasin selama Ramadan di tahun 2022.

“Akan ada 10 panti asuhan yang lokasinya sudah ditentukan salam ramadan tahun ini yang dikunjungi sekaligus memberikan bantuan. Jadi setiap kecamatan paling tidak ada dua panti yang kita jadikan target program roadshow ini,” jelasnya.

Dengan mengusung tema “Generasi Pembawa Perubahan”, ia berharap semangat dan informasi yang disampaikan dalam kegiatan rutin tahunan itu diharapkan bisa memberikan impact atau pengaruh dengan pola berpikir penghuni panti.

“Minimal 100 anak penghuni panti asuhan kita targetkan di ramadan tahun ini benar-benar bisa memberikan dampak terhadap lingkungan sekitarnya,” pungkas Daus.

Sementara itu, Pengurus Panti Asuhan Ar-Risalah, Dian Yuliastuti mengaku sangat bersyukur atas kunjungan KOPI Banjarmasin di panti asuhan yang dihuni oleh 45 anak tersebut.

“Anak-anak mendapat pengetahuan yang positif dan sangat menginspirasi sekali,” katanya

“Karena mereka diarahkan agar memiliki kepercayaan diri yang tinggi agar bisa berpikir maju dan mengambangkan potensi yang ada dalam dirinya,” tambah Yuli.

Apa yang disampaikan Yuli itu bukan tanpa sebab, pasalnya dalam kegiatan roadshow kali ini ada salah satu pemuda penghuni panti asuhan yang berani angkat bicara terkait mimpi besarnya.

Dia adalah seorang pemuda yang berstagus ebagai mahasiswa di salah satu sekolah tinggi swasta di Kalimantan Selatan, namanya Rian.

Dia mengaku mempunyai mimpi ingin menjadi orang kaya lewat usaha kecilnya yang saat ini sedang dirintis pada bidang kuliner.

Rian merasa PD mimpinya atau cita-citanya bisa tercapai. karena dengan jadi orang kaya, maka ia bisa lebih mudah dan banyak lagi dalam membantu orang lain. (Kin/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya