Usai Pemeriksaan Tahap II Jemaah Calon Haji Akan Mengikuti Bimbingan Manasik

Tamiang Layang , KP – Jemaah Calon Haji Kabupaten Barito Timur telah mengikuti pemeriksaan tahap II dan selanjutnya akan mengikuti bimbingan manasik.

“Mereka akan mengikuti bimbingan manasik pada 30 Mei sampai 4 Juni 2022,” kata Kepala Kantor Kemenag Barito Timur, Abdul Majid Rahimi melalui Penyelenggara Haji dan Umrah, Ahmad Janawi di Tamiang Layang, Selasa ( 17/05/2022 )

Menurutnya, jemaah calon haji Bartim yang mengikuti bimbingan manasik nanti sama jumlahnya dengan pemeriksaan kesehatan tahap kedua, berjumlah 28 orang dan dua diantaranya cadangan.

Seluruh jamaah calon haji juga diminta untuk tetap menjaga kesehatan saat diberangkatkan ke tanah suci Mekkah untuk mengikuti tahapan naik haji di sana hingga kembali ke Indonesia.

Janawi menambahkan, pemeriksaan kesehatan tahap kedua dilaksanakan Kemenag Barito Timur bekerjasama dengan Dinas Kesehatan setempat selama dua hari pada tanggal 11-12 Mei 2022 kemaren .

Berita Lainnya
1 dari 206
loading...

“Hari pertama bertempat di RSUD Tamiang Layang, dan hari kedua di Aula Kantor Kemenag Barito Timur. Alhamdulillah acaranya sudah selesai dan berjalan lancar,” kata Janawi.

Terpisah, Kadis Kesehatan Barito Timur, Jimmi WS Hutagalung melalui Sub Koordinator P2PTM dan Keswa, Siti Handayani mengatakan, pemeriksaan hari pertama kepada jemaah calon haji yakni elektrokardiogram ( EKG ) dan rontgen thorax.

EKG merupakan pemeriksaan kesehatan dengan mengevaluasi kesehatan jantung, termasuk mengetahui dan mengukur apakah detak jantung seseorang normal atau tidak sah. Teks EKG ini dilakukan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi menggunakan pendeteksi impuls listrik yang bernama elektrokardiograf.

Pemeriksan kesehatan hari kedua meliputi pemeriksaan riwayat penyakit, pemeriksaan fisik, kejiwaan, dan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan laboratorium yakni darah lengkap, urin lengkap, kimia klinik, test kehamilan serta penetapan diagnosisnya.

“Pemeriksaan kesehatan ini memang agenda wajib bagi jemaah haji yang akan berangkat menunaikan ibadah haji. Ini merupakan rangkaian pembinaan kesehatan agar tercapai istithaah kesehatan jemaah haji, Ucap Siti Handayani. (vna/k-10)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya