Anang Rencanakan Gerbang Emas Berbasis RT

Tanjung, KP – Guna mempercepat pembangunan ekonomi masyarakat Pemerintah Kabupaten Tabalong memprogramkan Gerakan Pembangunan Menuju Masyarakat Sejahtera (Gerbang Emas) beberapa tahun lalu, dan kini program tersebut akan dilaksanakan berbasis RT.

Hal itu, diungkapkan Bupati Tabalong DR Drs H Anang Syakhfiani M.Si, saat menghadiri kunjungan tim penilai lomba desa tingkat Provinsi Kalsel pada 27 juni 2022 di Desa Tanta Kecamatan Tanta.

Menurut Anang, ide ini muncul usai lawatannya dari Kota Samarinda beberapa waktu lalu, Bupati Anang berencana program gerbang emas berbasis RT akan dimulai dari desa, sehingga dapat mempercepat pembangunan di lingkup paling dasar.

Bupati Anang juga meminta jika memungkinkan dalam perubahan APBDES, pemerintah desa menyisihkan anggaran sekitar Rp100 juta untuk menjalankan program gerbang emas berbasis RT, yang diterapkan di perwakilan RT yang ada di desa ini.

Berita Lainnya
1 dari 364
loading...

“Saya akan jadikan Kecamatan Tanta Desa Tanta sebagai pilot project. Kita akan mencanangkan gerakan pembangunan masyarakat, gerakan pembangunan menuju masyarakat sejahtera gerbang emas yang berbasis RT,” kata Bupati Tabalong.

Dalam kesempatan itu, Anang menambahkan dari dana Rp100 juta tersebut rencananya akan ditujukan untuk pembangunan infrastruktur sebanyak 50 persen dan 50 persen sisanya akan digunakan untuk meningkatkan aspek non infrastruktur yang menunjang kemajuan kualitas masyarakat desa.

Sebelumnya Pemkab Tabalong telah meluncurkan program kredit tanpa bunga (0%) yang tahap awalnya, pinjaman ini ditujukan ke pedagang di Pasar Tanjung, sebelum menyasar pedagang se-Kabupaten Tabalong.

Hal itu, disebabkan selama ini banyak menerima laporan dari masyarakat soal aksi rentenir di Kabupaten Tabalong, selain pedagang di Pasar Tanjung, sehingga Pemkab Tabalong mencoba program kredit Gerbang Emas dengan menyediakan kredit tanpa bunga.

Adapun untuk bantuan bagi pedagang lapak maksimal Rp3 juta. Tetapi kalau untuk Usaha Kecil Mikro itu bisa mencapai Rp25 juta, termasuk pedagang di toko-toko yang ingin mengusulkan langsung ke BPR dengan tanpa bunga cukup bayar administrasi. (ros/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya