Dinas PUPR Banjarbaru Anggarkan Rp8,5 M Untuk Normalisasi Sungai

Banjarbaru – Banjir yang melanda Kota Banjarbaru pada Senin (4/7) lalu mengakibatkan beberapa wilayah di Banjarbaru tergenang cukup parah.

Agar aliran air semakin lancar Dinas PUPR Kota Banjarbaru di Bidang Sumber Daya Air mengusulkan tahun 2022 ini sudah ada beberapa sungai yang akan di normalisasi agar air mengalir secara maksimal.

Kabid SDA PUPR Kota Banjarbaru, Subrianto menjelaskan saat ini sudah ada beberapa sungai di Banjarbaru yang di siring.

” Ini supaya air mengalir lancar, sehingga tidak meluap dan genangan bisa berkurang,” katanya

Dirincikannya, ada beberpa proyek normalisasi dan pembuatan siring sungai tahun ini, yakni di Sungai Kemuning, Sungai Pulantan, Sungai Kuranji dan Sungai Karet.

Berita Lainnya
1 dari 982
loading...

Selain itu, pada 2023, diusulkan anggaran sekitar Rp 8,5 miliar untuk lanjutan normalisasi sungai dan pembangunan embung.

Adapun sungai yang akan dinormalisasi tahun depan, yakni Sungai Karet (tahap 2) sepanjang 700 meter dengan anggaran Rp1,9 miliar.

Kemudian, Sungai Kuranji (tahap 2) sepanjang 260 meter, anggarannya Rp 700 juta.

Selain itu, Sungai Guntung Paikat dengan panjang 700 meter dan anggaran Rp 1,9 miliar.

“Sedangkan embung, guna mengurangi genangan di Cempaka, yakni direncanakan di Gunung Kupang yang anggarannya, sekitar Rp 4 miliar,” tambahnya

Saat ini usulan penganggaran masih dalam tahap pembahasan. (Dev/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya