Ratusan Rumah Terendam

Pelaihari, KP – Ratusan rumah di Desa Asam-asam terendam.

“Total yang terdampak banjir 257 rumah yang dihuni 280 KK,” kata Muhid Kepala Desa Asam-asam.

Terpisah Bupati Tanah Laut HM Sukamta saat dikonfirmasi melalui via whatsapp menghimbau agar seluruh stakeholder dan elemen masyarakat siaga mengantisipasi bencana.

Melakukan upaya preventif untuk meminimalisasi kerusakan dan korban bencana, upaya evakuasi dan pemberian bantuan darurat.

Kemudian rehabilitasi dan upaya rekonstruksi pembangunan prasarana yang rusak.

“Mengantisipasi bencana banjir, angin puting beliung, tanah longsor dan gelombang pasang di Tanah Laut perlu koordinasi lebih intensif dan langkah nyata dari semua stakeholder.

Baik pemerintah, TNI, Kepolisian dan seluruh masyarakat,” kata HM Sukamta.

Berita Lainnya
1 dari 1.771
loading...

Diketahui, cuaca ekstrem dalam beberapa hari belakangan sangat berdampak bagi warga, utamanya di Kabupaten Tanah Laut.

Tingginya gelombang air laut serta deras hujan dan angin kencang menyebabkan beberapa wilayah Bumi Tuntung Pandang mengalami kenaikan air laut yang menyebabkan banjir.

Diketahui, banjir melanda beberapa kecamatan diantaranya Kecamatan Pelaihari, Kecamatan Kurau, Kecamatan Takisung, Kecamatan Batu Ampar, Kecamatan Jorong, Kecamatan Asam-asam, Kecamatan Muara Kintap.

Akibat dari kenaikan debit air sejumlah ruas jalan lalu lintas terganggu, salah satunya jalan yang berada di Desa Atu-atu Kecamatan Pelaihari dan Desa Damit Hulu Kecamatan Batu Ampar.

Dari dua lokasi tersebut genangan air menutup badan jalan dan menyebabkan lalu lintas terganggu.

Camat Batu Ampar Yudo Restanto ketika dikonfirmasi membenarkan bahwa beberapa lokasi di wilayah ada yang kebanjiran.

“Yang terdampak banjir ada di Desa Damit Hulu dan Desa Bluru,” ucapnya.

Ditambah Camat Jorong H. Zainal Abidin mengatakan di wilayahnya selain di Asam-asam, juga ada satu tempat lainnya yang kebanjiran yakni Desa Simpangempat Sungaibaru. (rzk/K-2)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya