Iklan
Iklan
Iklan
EKONOMI

BLK Kalsel Buka Pelatihan Berbasis Kompetensi, Gratis!

×

BLK Kalsel Buka Pelatihan Berbasis Kompetensi, Gratis!

Sebarkan artikel ini
PELATIHAN - Balai Latihan Kerja (BLK) Kalsel kembali membuka pelatihan berbasis kompetensi dengan 14 kejuruan di tahun 2023 ini. (KP/Istimewa)

Banjarbaru, KP – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Balai Latihan Kerja (BLK) Kalsel kembali membuka pelatihan berbasis kompetensi dengan 14 kejuruan di tahun ajaran 2023.

Pelatihan ini dimaksudkan untuk memberikan keterampilan kepada masyarakat, agar siap bersaing saat memasuki dunia kerja yang sesungguhnya.

Dikatakan oleh Kepala BLK Kalsel, Muhammad Yusfiansyah, bahwa pihaknya sudah membuka pendaftaran pada bulan Januari ini.

“Sebagai informasi, pendaftaran bisa dilakukan secara daring maupun luring, atau langsung datang ke kantor BLK di Banjarbaru. Pendaftaran akan dibuka sampai satu bulan ke depan,” ujarnya, kemarin.

Pada tahun 2022, sambung Yusfiansyah, pihaknya membuka sebanyak 37 paket pelatihan, dengan menggunakan dana yang berasal dari APBD maupun APBN. Tepatnya, 22 paket dari dana APBD, dan 15 Paket lagi dari dana APBN.

“Sementara, untuk kejuruan yang dibuka pada tahun ini adalah, Administrasi Perkantoran, Teknik Akuntansi Junior, Computer Operator Assistant, Desain Grafis, Menjahit, Tata Kecantikan Kulit & Rambut, Las SMAW 3G, Pemeliharaan Listrik Bangunan Sederhana, Teknisi Instalasi Tenaga, Teknik Perawatan AC Residential, Teknisi Embedded System (Elektronika), Operator Mesin Bubut, Service Sepeda Motor Injeksi, dan Pemeliharaan Berkala Kendaraan Ringan Injeksi,” bebernya.

Dia menambahkan, semua jurusan pelatihan akan diberikan pembelajaran dari dasar. Sehingga untuk calon peserta pelatihan tidak perlu khawatir dalam mengikuti pembelajaran jurusan kelas pelatihan. Namun, 1 peserta hanya boleh mendaftar untuk 1 kejuruan saja.

Tak hanya itu, bagi calon peserta juga akan mendapatkan sertifikat pelatihan sebagai tanda bukti kelulusan dari BLK, dan ini diberikan secara gratis.

Sertifikat tanda kelulusan ini nantinya akan berguna saat memasukkan lamaran kerja di perusahaan, sebagai nilai tambah bahwa kita mempunyai dasar keterampilan kerja.

Baca Juga:  Pelindo Sub Regional 3 Kalimantan jadi Tuan Rumah Pameran UMKM dan Pasar Murah Polda Kalsel

“BLK dirancang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, yang berdedikasi untuk mencetak tenaga kerja yang siap terjun ke dalam dunia kerja,” imbuhnya.

Yusfiansyah juga berharap, dapat melahirkan alumni BLK yang memiliki pengalaman, keterampilan, serta pengetahuan kerja untuk mengembangkan diri dalam dunia industri maupun usaha wiraswasta secara mandiri.

Nah, bagi masyarakat yang berusia 18 – 45 tahun yang ingin mengikuti pelatihan di BLK, bisa mendaftarkan diri di website yaitu bit.ly/BLKProvKalsel2023 atau bisa datang langsung ke kantor BLK di Banjarbaru. (Opq/K-1)

Iklan
Iklan