Haul di Mushala Ar Raudah Sekumpul Tunggu Keputusan Ahli Waris

Banjarbaru, KP – Pemprov Kalsel menginisiasi pelaksanaan haul akbar ke 18 Abah Guru Sekumpul atau KH. Muhammad Zaini bin Abdul Ghani di kediaman pribadi Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, di Kampung Keramat, Martapura Timur, Kabupaten Banjar.

Pelaksanaan haul akbar tersebut bukan sebagai tandingan atau memindah lokasi asli haur di Mushala Ar Raudah Sekumpul.

Pelaksanaan tersebut sama dengan yang dilaksanakan oleh masyarakat umum di berbagai daerah bahkan sampai di luar Provinsi Kalsel.

Sedikit bedanya pelaksanaan di luar komplek mushala Sekumpul kali ini digelar besar-besar bahkan sampai mengundah jemaah dari luar Kalsel.

Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar, menjelaskan pemilihan tempat di kediaman pribadi Gubernur Sahbirin ini memang sudah menjadi kesepakatan sejumlah ulama Martapura.

“Antara lain, Habib Ali, KH Mukeri Yunus, Guru Supian Al-banjari, Guru Juhran, Fauzan Saleh,” ujar Roy usai rapat persiapan Haul Guru Sekumpul, Senin (9/1).

Menurut Roy, terkait pelaksanaan haul akbar di Mushala Ar Raudah atau Kubah Abah Guru Sekumpul, merupakab hak dan memang menunggu keputusan ahli waris.

“Haul ini memang diinisiasi sejumlah ulama Martapura dan difasilitasi serta dilaksanakan oleh Pemprov Kalsel,” kata Roy.

Roy menyebut, pelaksanaan haul di Kampung Keramat akan dimulai sehabis Salat Magrib.

“Acara dimulai sekitar pukul 7 malam,” katanya.

Ditegaskan Sekdaprov Kalsel, kegiatan murni ibadah Haul sehingga tidak boleh ada spanduk politis.

Berita Lainnya
1 dari 1,793
loading...

“Jadi nanti tidak boleh ada umbul umbul atau spanduk politik dan sejenisnya,” tegasnya.

Sementara itu, Karo Ops Polda Kalsel, Kombes Pol Nurhandono, belum bisa memastikan berapa personil yang akan dilibatkan dari Kepolisian untuk keamanan karena masih rapat awal.

“Ini baru rapat awal, belum bisa diestimasi berapa personil, jadi masih menunggu rapat lanjutan,” kata dia.

Adapun Kasrem 101 Antasari, Kol. Inf, Iwan R, menjelaskan pihaknya secara prinsip siap mendukung kegiatan Haul Sekumpul.

“Ada beberapa perlengkapan yang bisa kami (TNI) bantu, namun detail bantuan apa nanti akan disampaikan pada saat rapat lanjutan,” kata dia.

Sebelumnya, Pimpinan Tahfiz dan Ilmu Alquran Martapura, KH Wildan Salman, mengatakan Haul Abah Guru Sekumpul di kediaman Paman Birin ini akan terbuka untuk umum dan akan mengundang tamu dari luar daerah, khususnya dari Pesantren Tebu Ireng, Jombang.

“Alhamdulillah, mulai pengasuh pesantrennya, mualiminnya dan santrinya merespons dengan baik,” ungkapnya.

Panitia pelaksana merupakan anak-anak ilmu Guru Sekumpul.

Yakni para ulama murid Guru Sekumpul bersama Pemprov Kalsel.

Selain itu, haul ini juga boleh dihadiri masyarakat umum dari mana pun. Termasuk tamu luar negeri.

“Kegiatan haul untuk seluruh umat,” tegasnya. (mns/K-2)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya