Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
EKONOMI

Tips #Cari_aman Saat Naik Motor

×

Tips #Cari_aman Saat Naik Motor

Sebarkan artikel ini

Banjarmasin, KP – Sebagai pengguna motor, maka kita perlu mengetahui cara berkendara motor yang baik, khususnya saat kita akan melewati jalan menanjak.

Hal ini cukup penting, sebab dengan mengutamakan cara berkendara yang benar dapat menghindarkan kita dari risiko kecelakaan di jalan.

Di bawah ini ada beberapa tips saat naik motor (matic), terutama saat melewati jalan tanjakan:

1.Cek kondisi motor.

2. Kenali rute.

3. Memasuki jalur menanjak.

  • Pada saat akan motor matic memasuki jalan menanjak, sebaiknya mengambil jarak yang cukup agar akselerasi sepeda motor dapat melewati tanjakan. Turunkan kecepatan secara bertahap ketika mendekati puncak/jalan datar. Sebelum memasuki jalan menanjak. Kemudian manfaatkan akselerasi atau momentum dengan menambah gas jauh sebelum jalan menanjak dengan memperhatikan kondisi jalan.
  • Selanjutnya, kurangi kecepatan ketika mendekati ujung tanjakan dengan tetap memperhatikan kecepatan saat menanjak sebelumnya guna mencegah terlepasnya roda depan motor matic ketika mencapai ujung tanjakan.

4. Memasuki jalan menurun.

  • Pada saat akan memasuki jalan menurun, sebaiknya kurangi kecepatan jauh sebelum memasuki jalan menurun yaitu dengan menurunkan gas dan pertahankan kecepatan sepeda motor dengan menggunakan rem depan/belakang.
  • Bila dirasakan pengereman kurang optimal, berhentilah atau menepi sejenak ketika melewati jalan turunan dengan rute yang panjang untuk mendinginkan rem depan/belakang.

5. Postur berkendara

  • Postur berkendara di jalur tanjakan posisikan badan condong ke depan agar roda depan mendapatkan grip (cengkraman) yang kuat terhadap permukaan jalan. Sedangkan pada saat berkendara motor matik di jalur turunan, posisikan postur badan condong ke belakang.

6. Berhenti di tanjakan.

  • Ketika harus berhenti di tanjakan, komposisi rem belakang motor matic sebaiknya lebih besar yang berguna untuk menahan gaya dorong kendaraan ke belakang.
  • Hindari posisi di belakang kendaraan berukuran besar, seperti truk dan bus. Namun bila terpaksa harus berada di belakang kendaraan besar ambilah posisi di sebelah kiri atau mengambil posisi paling aman di belakangnya.
Baca Juga:  BPJS Ketenagakerjaan Tegaskan Dukung Govtech Indonesia ke Presiden Jokowi

Demikian beberapa tips #Cari_aman naik motor matic saat kita berada di jalan yang menanjak. (Opq/KPO-1)

Iklan
Iklan