Wabup HST Sambut Kunjungan Staf Ahli Kementerian Kelautan dan Perikanan

Barabai, KP – Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H Mansyah Sabri menyambut kunjungan Staf Ahli Menteri Kelautan dan Perikanan RI Darmadi dan rombongan ke Desa Mahang Baru Kecamatan LAS, Kabupaten HST, Jumat (3/2/2023).

Kunjungan ini dalam rangka melihat secara langsung perkembangan Kampung Perikanan Budidaya Ikan Gabus Haruan pada Pokdakan Mufakat Desa Mahang Baru.

Mansyah Sabri saat menerima kunjungan mengucapkan terima kasih sudah bisa datang dari KKP dan dari Balai Benih mandiangin, mudah-mudahan keakraban ini bisa terus terjalin.

Mansyah berharap, Kampung Perikanan Budidaya Ikan Gabus Haruan ini bisa menjadi produk unggulan Kabupaten HST yang berada di Kecamatan LAS, mulai dari pembibitan, pembesaran dan pasar juga harus kita kuasai.

“Mudah-mudahan di tahun-tahun berikutnya ada produk unggulan di kecamatan lain juga, bisa budidaya ikan nila, patin, ikan mas dan ikan lainnya,” pungkasnya.

Sementara itu, Staf Ahli Menteri Kelautan dan Perikanan, Darmadi, dalam kunjungannya menyampaikan luar biasa setelah melihat kolam ikan secara langsung, bahwa bagaimana ikan gabus haruan dapat berkembang produksinya.

Berita Lainnya

Pemkab HST Kembali Raih WTP

1 dari 3

“Tidak hanya produksinya, tetapi juga mulai dari pendederan benih sampai pembesaran itu satu kesatuan, kemudian dikembangkan disini bisa menggerakkan ekonomi kelompok atau masyarakat seluruhnya di Kabupaten HST,” katanya.

“Diharapkan dapat dikembangkan di tempat atau lokasi lainnya juga, sehingga lebih bisa menggerakkan roda perekonomian masyarakat di HST, karena setiap tahapan bernilai ekonomi mulai dari pembibitan sampai pembesaran, apalagi melibatkan banyak masyarakat,” tutupnya.

Selanjutnya, Kepala Balai Perikanan Budaya Air Tawar (BPBAT) Mandiangin, Evalawati, mengatakan perkembangan budidaya ikan gabus haruan memang bagus sekali di HST. Juga semangat Pokdakan yang luar biasa, dari Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan juga benar-benar melakukan pengawalan yang sangat baik.

“Kepala daerah juga memberikan support yang sangat baik sehingga kampung perikanan budaya ini berkembang dengan baik,” ujarnya.

“Dapat kita lihat bantuan indukan tahun 2021 20 paket, ada ipal, ada kolam induk, lalu kolam pemijahan dan kolam pendederan itu beroperasional dengan sangat bagus dan sekarang sudah berproduksi dan sudah menjadi pusat benih ikan gabus haruan,” tutupnya.

Turut hadir dalam acara Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan HST, serta Pokdakan Mufakat Desa Mahang Baru. (Ary/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya