Iklan
Iklan
Iklan
BANUA KITATanah Bumbu

Pemkab Tanbu Bersama Pemprov Kalsel Seleksi Calon Klien Angkatan IV PRSTS

×

Pemkab Tanbu Bersama Pemprov Kalsel Seleksi Calon Klien Angkatan IV PRSTS

Sebarkan artikel ini
KP/Ist

Batulicin, KP – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) bersama Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) melakukan seleksi calon klien angkatan IV Panti Rehabilitasi Sosial Tuna Sosial (PRSTS) Barakat Cangkal Bacari Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Tahun 2023.

Seleksi dilaksanakan di Kantor Dinsos Tanbu di Jalan Dharma Praja, Gunung Tinggi, Selasa 30/5.2023.  Kepala Dinsos Tanbu, Basuni melalui Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Maulidah menyampaikan,seleksi ini mengecualikan peserta dengan berpendidikan SMK, lulusan BLK, dan lulusan panti milik Pemprov Kalsel, maupun yang sedang dalam proses hukum/kepolisian. 

Android

“Kita mencari orang-orang yang potensial, yang terbilang miskin atau kurang mampu dengan persyaratan tertentu dan akan dilakukan kunjungan ke alamat peserta,” katanya.  Melalui pelatihan ini diharapkan kualitas sumberdaya manusia di daerah meningkat, khususnya bagi mereka yang benar-benar membutuhkan dan tidak

mampu.  “Harapannya, melalui pelatihan ini, mereka mendapatkan ilmu yang bisa diterapkan sebagai usaha mereka nantinya di masyarakat sehingga dapat  mengurangi kemiskinan, baik dari pihak provinsi maupun daerah. Mereka bisa hidup mandiri dan mendapat pendidikan dengan kemampuan dan hasil yang berkualitas sesuai keahlian di bidangnya masing-masing,” Ungkapnya.

Sementara itu, Kasi Pembinaan PRSTS Barakat Cangkal Bacari Angkatan IV Kalsel Drs. Aspul Anwar menjelaskan, untuk kuota peserta pelatihan keterampilan tahun 2023 ini terbatas.

“Kuota peserta laki-laki hanya 13 orang, kuota peserta perempuan 40 orang dari 13 Kabupaten/Kota se-Kalsel, rata-rata per-Kabupaten/Kota akan meluluskan 3 sampai 4 orang saja”, katanya.  Adapun kegiatan ini, Dinsos Tanbu bertindak sebagai fasilitasi seleksi PRSTS Barakat Cangkal Bacari Angkatan IV, sedangkan yang menjadi pelaksananya adalah Dinas Sosial Provinsi Kalsel. Sementara itu, ada  22 peserta dari masing-masing  perwakilan 12 Kecamatan se-Tanbu yang mengikuti seleksi. Peserta seleksi diminta mengisi formulir, kelengkapan identitas, dan pilihan

keterampilan yang diminati, seperti pelatihan tata busana (menjahit), tata rias (salon), tata boga (memasak) dan bengkel motor. (han) 

Iklan
Iklan