Pj Bupati di Kalsel Diingatkan Sejahterakan Rakyat

Banjarbaru, KP – Tiga Penjabat (Pj) kepala daerah dilantik Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, di Gedung Idham Chalid, Banjarbaru, Rabu (20/9).

Tiga pimpinan tinggi pratama Pemprov Kalsel yang dilantik adalah Syamsir Rahman, sebagai Pj Bupati Tanah Laut (Tala), Hermansyah, sebagai Pj Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), dan M. Syarifuddin, sebagai Pj Bupati Tapin.

Usai dilantik, Syamsir Rahman mengaku telah memetakan masalah yang ada di daerah yang ia pimpin.

Ia menilai, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tanah Laut telah berjalan dengan baik, tinggal sedikit ada perbaikan dan penyempurnaan.

“Saya sudah petakan masalah-masalah di Tanah Laut,” ujar pria yang menjabat Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan ini.

Penyediaan air bersih, lanjut Syamsir, merupakan langkah kongkrit yang akan dilakukan di beberapa kecamatan yang mengalami kekeringan, seperti Takisung, Panyipatan, dan Kurau.

“Kasian masyarakat kita saat ini sedang terkena dampak kekeringan,” tutur Syamsir dengan nada lirih.

Selain itu, Syamsir mempunyai cita-cita mulia, yaitu mengembalikan kejayaan Tanah Laut dalam bidang pertanian. Di mana pada beberapa tahun lalu, kabupaten dengan Ibu Kota Pelaihari pernah menjadi salah satu lumbung pangan di Kalsel.

“Tanah Laut dulu pernah menjadi lumbung pangan di Kalsel, kita ingin mengembalikan itu,” ujar Syamsir.

Senada dengan Syamsir, Hermansyah mengaku akan langsung menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) bersama jajaran SKPD untuk memetakan masalah yang ada.

Diakui Herman, terdapat beberapa persoalan yang harus segera diatasi, salah satunya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang masih kerap terjadi di kabupaten HSS.

Selain itu, penanganan stunting dan pengendalian inflasi, juga menjadi fokus utama yang akan ia kerjakan dengan dukungan seluruh Forkopimda.

Berita Lainnya

Gunung Gamalama Alami 14 Kali Gempa Vulkanik

1 dari 3,073

“Ada banyak yang akan kita kerjakan, masalah stunting dan inflasi,” kata Herman yang juga Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kalsel.

Pembenahan infrastruktur yang menjadi kewenangan Pemerintah Kabupaten HSS, menurut Herman juga menjadi isu utama yang akan ia kerjakan selama menjabat sebagai Pj bupati.

“Infrastruktur yang menjadi kewenangan kami juga perlahan akan dibenahi,” janji Herman.

Terakhir, ia berkomitmen akan menyukseskan jalannya Pemilu dan Pemilu Kepala Daerah pada tahun depan

“Kita siap sukseskan pemilu, netralitas ASN juga menjadi perhatian kami,” pungkas Herman.

Sebelumnya, saat memadamkan sambutan Sahbirin Noor atau yang akrab disapa Paman Birin mengucapkan selamat atas pelantikan Pj Bupati Tanah Laut, Tapin, dan HSS.

Jabatan yang diamanahkan ini menurut Paman Birin harus ditunaikan dengan sebaik-baiknya.

“Jabatan ini amanah yang yang harus ditunaikan dengan sebaik-baiknya,” kata Paman Birin dalam sambutannya.

Ia mengatakan, Penjabat Bupati yang diangkat berasal dari jabatan pimpinan tinggi pratama, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Hal ini mencerminkan komitmen kita untuk memilih individu yang memiliki kapasitas, pengalaman, dan integritas yang sesuai untuk mengemban tugas ini,” katanya.

Ia pun meminta kepada ke-3 Pj Bupati segera bekerja pada amanah barunya untuk menyejahterakan masyarakat.

“Kepada para Penjabat Bupati yang baru saja dilantik kita minta segera bergerak menyejahterakan rakyat,” pintanya. (mns/K-2)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya