Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
OLAHRAGA

Adu Ketajaman Bintang Polandia dan Jepang di Piala Dunia U-17

×

Adu Ketajaman Bintang Polandia dan Jepang di Piala Dunia U-17

Sebarkan artikel ini
Pesepak bola Tim Nasional Jepang U-17 berlatih menjelang perhelatan Piala Dunia U-17 2023 di lapangan latihan Saraga ITB, Bandung, Jawa Barat, Kamis (9/11/2023). Jepang akan bertanding dalam Grup D Piala Dunia U-17 2023 bersama Polandia, Argentina dan Senegal. (Kalimantanpost.com/Antara)

BANDUNG, Kalimantanpost.com – Adu ketajaman dua striker berbakat Polandia dan Jepang akan mewarnai duel antara kedua tim di partai pembuka Grup D Piala Dunia U-17 di Stadion Si Jalak Harupat Bandung, Jawa Barat, Sabtu (11/11/2023) pukul 16.00 WIB.

Bintang timnas Polandia U-17 Karol Borys Pada 2021 silam masuk dalam daftar 60 besar pemain muda terbaik versi surat kabar Guardian dan membawanya mengikuti uji coba di Manchester United selama sepekan.

Di kubu Jepang ada Gaku Nawata yang merupakan pencetak gol terbanyak pada ajang Piala Asia U-17 2023, dengan koleksi lima gol dan terpilih menjadi Pemain Terbaik Piala Asia U-17.

Aksi dua calon pemain bintang masa depan ini bakal menjadi perhatian pecinta sepakbola penjuru dunia.

Karol Borys menyatakan dirinya tidak mencemaskan siapa pun calon lawan yang akan mereka hadapi di Piala Dunia U-17 2023, termasuk Jepang.

“Kami telah menganalisis tim Jepang dan kami tahu mereka sangat terorganisasi, mereka adalah juara Asia, mereka mencetak banyak gol, namun kami tidak takut dengan siapa pun lawannya,” kata Borys dikutip dari Berita Antara, Jumat (10/11/2023).

“Kami punya rencana untuk pertandingan dan kami akan melakukan yang terbaik,” tambah gelandang Slask Wroclaw itu.

Dibandingkan Jakarta, Solo, dan Surabaya, Bandung sebagai salah satu tuan rumah Piala Dunia U-17 relatif lebih sejuk. Namun Borys mengakui bahwa suhu di Bandung tetap memaksanya beradaptasi lebih cepat.

“Polandia suhunya paling lima atau maksimal 10 derajat, di sini 30 derajat. Tapi kami datang ke sini 10 hari yang lalu dan kami telah beradaptasi dengan situasi ini dan kami siap untuk pertandingan,” kata penggemar Lionel Messi itu.

Baca Juga:  Indonesia Tak Tergoyahkan di Puncak Perolehan Medali ASEAN Para Games 2023

Sementara itu, penyerang Tim Nasional Jepang U-17 Gaku Nawata siap menjawab ekspektasi tinggi yang dipikulnya pada perhelatan Piala Dunia U-17 di Indonesia.

Gaku merupakan pencetak gol terbanyak pada ajang Piala Asia U-17 2023, dengan koleksi lima gol. Ia juga terpilih menjadi Pemain Terbaik Piala Asia U-17.

“Di Piala Dunia ini saya punya kesempatan. Peluang itu milik saya,” kata Gaku saat ditemui seusai menjalani latihan tim di Lapangan Saraga ITB Kota Bandung, Kamis malam.

Meski memiliki target cukup berat yakni menembus final, Gaku menegaskan timnya akan fokus menjalani satu demi satu pertandingan di fase grup terlebih dahulu.

“Pelatih sudah bilang yang pertama adalah mengurusi fase grup. Kami tentu mengharapkan yang terbaik. Laga pertama melawan Polandia, jadi itu dulu yang harus dipikirkan,” tutur pemain yang kini memperkuat tim Takamado U-18 itu.

Sementara itu, pelatih timnas Jepang U-17 Yoshiro Moriyama percaya diri timnya dapat melangkah jauh di Piala Dunia U-17 2023 Indonesia, 10 November sampai 2 Desember.

“Sangat percaya diri. Saya merasa tim siap menghadapi tantangan untuk mewujudkan sesuatu. Mereka ingin menang dan menang dengan baik,” kata Moriyama..

Kepercayaan diri Moriyama juga didukung hasil positif Jepang yang baru saja memenangkan Piala Asia U-17 untuk keempat kalinya, Juli, saat mengalahkan Korea Selatan dengan skor 3-0.

“Hal ini memberi tahu saya kami telah berkembang sebagai sebuah tim. Kami memiliki peluang realistis untuk mendapatkan hadiah utama di setiap kelompok umur dan cara kami mengembangkan pemain agar terus berkembang,” ujar pelatih 55 tahun itu.

Di Piala Dunia U-17, Negeri Samurai Biru tergabung di grup cukup berat, yaitu Grup D bersama Argentina yang merupakan finalis Copa America U-17 2023, Polandia yang merupakan semifinalis Piala Eropa U-17 2023, dan juga Senegal sebagai juara Piala Afrika U-17 2023.

Baca Juga:  Amar Brkic Perlu Adaptasi, Timnas U-17 Indonesia Matangkan Taktik Jelang Lawan Ekuador

Sebagai pelatih, meski tergabung dengan tim-tim kuat dari masing-masing benua, Moriyama optimistis timnya dapat bersaing dan melaju lebih jauh dari sekadar mencapai perempat final, babak terjauh yang pernah ditempuh.

“Skuad Polandia sangat agresif dan telah mencetak gol dalam beberapa kemenangan persahabatan terakhir mereka. Namun kami merasa pertahanan dan serangan kami tepat sasaran, jadi kami akan mengincar kemenangan dan tidak kebobolan. Argentina juga memiliki banyak pemain berkualitas, dengan tim senior mereka yang menduduki peringkat satu dunia,” ucap Moriyama.

“Adapun Senegal, mereka adalah juara Afrika. Gaya permainannya berbeda dari dua tim lainnya dan Jepang mungkin kesulitan dengan fisik mereka yang tidak biasa,” tambahnya.

Lebih lanjut, Moriyama juga berharap, Piala Dunia U-17 menjadi ajang yang tepat bagi pemain-pemain mudanya untuk menjadi tulang punggung tim senior Jepang di masa depan mengikuti jejak Tafekusa Kubo dan Yukinari Sugawara.

“Saat ini, semakin banyak pemain reguler senior yang memiliki pengalaman di kompetisi sebelumnya seperti Tafekusa Kubo dan Yukinari Sugawara,” ucap Moriyama.

“Jumlah mereka yang berhasil lolos dari tim-tim tersebut ke tim senior Jepang terus bertambah. Kami berharap Piala Dunia U-17 menjadi langkah besar bagi para pemain dalam hal pengalaman turnamen untuk mempersiapkan mereka menghadapi standar tim senior,” tutupnya. (Ant/ful/KPO-3)

Grup D:
Jepang, Argentina, Senegal, Polandia

Jadwal Pertandingan
Grup D

Sabtu, 11 November:

  • Jepang vs Polandia (Si Jalak Harupat/Pukul 16.00 WIB)
  • Argentina vs Senegal (Si Jalak Harupat/Pukul 19.00 WIB)

Selasa, 14 November:

  • Senegal vs Polandia (Si Jalak Harupat/Pukul 16.00 WIB)
  • Jepang vs Argentina (Si Jalak Harupat/Pukul 19.00 WIB)

Jumat, 17 November:

  • Senegal vs Jepang (Si Jalak Harupat/Pukul 16.00 WIB)
    Polandia vs Argentina (JIS/Pukul 16.00 WIB)
Baca Juga:  Taklukkan Kanada, Uzbekistan Bawa Asa Lolos ke-16 Besar

Iklan
Iklan