Disdik HST Borong Lima Penghargaan Apresiasi Merdeka Belajar untuk Pemerintah Daerah

BARABAI, Kalimantanpost.com – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) kembali memborong lima penghargaan sekaligus, pada Rakor dan Apresiasi Merdeka Belajar untuk Pemerintah Daerah gtahun 2023 yang diselenggarakan Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Kalimantan Selatan.

Rakor dan Apresiasi Merdeka Belajar untuk Pemerintah Daerah Tahun 2023 yang dikemas dalam Anugerah BPMP Kalsel Award tersebut merupakan apresiasi yang diberikan atas kolaborasi dan sinergitas Pemerintah Kabupaten/ Kota di Kalsel dalam mendukung pemajuan mutu pendidikan di Banua khususnya terhadap implementasi program Merdeka Belajar.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten HST, H Muhammad Anhar mengatakan Disdik HST Kembali mendapatkan lima penghargaan dari berbagai macam kategori yang kesemuanya itu merupakan hasil dari kerja bersama dan kolaborasi seluruh unsur pendidikan, khususnya para pendidik maupun tenaga kependidikan di Hulu Sungai Tengah yang turut berperan dalam pemajuan mutu pendidikan di daerah ini.

“Lima penghargaan itu kategori Kabupaten/Kota Provinsi Kalimantan Selatan dengan dukungan pemerintah daerah pada Gerakan Sekolah Sehat Terbaik pertama Tahun 2023, Kabupaten/Kota dengan persentase pemanfaatan Platform Merdeka Belajar pada Satuan Pendidikan Implementasi Kurikulum Merdeka Jalur Mandiri Terbaik pertama Tahun 2023, Kabupaten/Kota dengan persentase Pelaksanaan Transisi PAUD-SD Terbaik ketiga Tahun 2023, Kabupaten/Kota dengan Persentase Kualitas Data Dapodik Jenjang SKB, PKBM, PAUD, SD, SMP Terbaik ketiga Tahun 2023, dan Duta Merdeka Belajar Terpuji dalam Aktivasi Akun Pembelajaran (Belajar.id), Pemanfaatan Rapor Pendidikan, dan Pemanfaatan PMM.

“Ini merupakan tahun kedua HST mendapatkan apresiasi yang membanggakan. Terima kasih kepada seluruh unsur pendidikan di HST yang telah berpartisipasi dan berkolaborasi, ini merupakan hasil kerja keras, kerja cerdas, kerja hebat, dan kerja bersama kita semua khususnya kepada Bapak/ Ibu Pendidik dan tenaga Kependidikan yang turut dalam pemajuan mutu pendidikan di HST,” terangnya.

Ditambahkannya, Anhar pihaknya tidak boleh terlalu berpuas diri karena masih terdapat pekerjaan rumah yang perlu dilakukan Disdik HST dalam rangka pemajuan dan peningkatan kualitas pendidikan di HST.

“Orang sudah mulai melihat, Kemendikbud sudah tahu seperti apa HST kemudian bagaimana kebijakannya mendukung program Kemendikbud. Namun, sekarang PR terbesar kita adalah bagaimana meningkatkan kualitas pembelajarannya. Karena penghargaan-penghargaan ini hanya bungkusnya saja. Kalau kita berbicara kualitas, saya rasa masih banyak PR besar yang harus kita perbaiki, mari kita sisir isinya. Kita perbaiki esensinya di tahun-tahun mendatang untuk menghadirkan pendidikan yang jauh lebih baik dan berkualita,” tambahnya.

Berita Lainnya
1 dari 38

Kepala Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Kalimantan Selatan Yuli Haryanto menjelaskan kegiatan Anugerah BPMP Awards Tahun 2023 dilaksanakan sebagai penghargaan kepada Pemerintah Daerah atas pemajuan mutu pendidikan dan kolaborasinya dalam mensukseskan program Merdeka Belajar.

“Rakor itu sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan terhadap pemerintah daerah, terutama Disdik Kabupaten/Kota dan Provinsi di Kalsel serta evaluasi program yang telah terlaksana dalam pemajuan mutu pendidikan di Kalimantan Selatan serta implementasi program Merdeka Belajar”, katanya.

Sementara Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor saat membuka kegiatan menyampaikan apresiasi kepada Kepala BPMP Kalsel yang berhasil menjadi Juara Pertama Provinsi Tingkat Nasional yang mendapatkan Penghargaan Daerah Jawara belajar.id 3 tahun berturut turut.

Kemudian apresiasi Terbaik kedua dalam sinergi dan dukungan dalam Program Pembatik, dan juga Anugerah Merdeka Belajar dalam bidang Tranformasi Pembelajaran oleh Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi dan menyebut program Merdeka Belajar dapat membuat generasi semakin giat dalam belajar kedepan.

“Saya sangat mengapresiasi setinggi-tingginya kepada BPMP Kalimantan Selatan atas keberhasilannya dalam Penghargaan Daerah Jawara belajar.id dan dukungan atas Program Pembatik serta Anugerah Merdeka Belajar yang telah di raih Provinsi Kalsel. Perlu kita ketahui bersama program Merdeka Belajar dapat membuat generasi-generasi penerus bangsa semakin giat dalam belajar kedepanya,” ucap Paman Birin.

Rakor dan Apresiasi Merdeka Belajar untuk Pemerintah Daerah tersebut berlangsung selama dua hari dari dari 1 hingga 2 Desember 2023 bertempat di Hotel Aria Barito Jalan MT Haryono Banjarmasin.

Rakor dihadiri oleh Gubernur Kalimantan Selatan, seluruh Kepala Disdik Kabupaten/Kota dan Provinsi di Kalsel, Kepala Balai Guru Penggerak, Kemitraan PT. Binuang Mitra Bersama Blok Dua, PT Adaro Indonesia, dan Hafecs. (Ary/KPO-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya