Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
OLAHRAGA

Adam Alis dan Arkhan Masih Berpeluang Perkuat Timnas di Piala Asia, Pengumumannya 10 Januari

×

Adam Alis dan Arkhan Masih Berpeluang Perkuat Timnas di Piala Asia, Pengumumannya 10 Januari

Sebarkan artikel ini
Pemain Timnas Indonesia yang dipersiapkan menghadapi Asia di Qatar 12 Januari - 10 Februari 2024. (Kalimantanpost.com/laman PSSI)

TURKI, Kalimantanpost.com – Nama Arkhan Fikri dan Adam Alis Setyano tidak ada diantara 26 pemain yang dirilis AFC untuk menghadapi Piala Asia yang digulir di Piala Asia di Qatar, 12 Januari 2024.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong pun memberikan penjelasan terkait tidak adanya nama keduanya dari 26 pemain yang didaftarkan untuk Piala Asia 2023.

Dia menyatakan Arkhan Fikri dan Adam Alis tetap dibawa ke Qatar. Hal ini karena Shin Tae-yong akan mengumumkan 26 nama pemain saat tanggal 10 Januari mendatang.

Seperti diketahui, saat ini skuad Garuda berkekuatan 28 pemain pada pemusatan latihan (TC) di Antalya, Turki, sejak 23 Desember 2023. Mereka dimainkan oleh Shin Tae-yong saat uji coba kontra Libya, Selasa (2/1).

“Memang sudah dirilis 26 pemain (oleh AFC), tetapi 28 yang akan dibawa ke Doha,” kata Shin Tae-yong.

Namun, peluang Arkhan Fikri dan Adam Alis untuk bermain di Piala Asia 2023 belum sepenuhnya tertutup. Shin Tae-yong menjelaskan, tim peserta masih bisa mengubah daftar pemain enam jam sebelum laga pertama, asalkan pemain tersebut masuk dalam entry by name.

“Jadi kepastiannya akan ditentukan tanggal 10 Januari, setelah lawan Iran. Karena secara regulasi, enam jam sebelum pertandingan dimulai, bisa diganti pemain-pemain juga,” papar Shin Tae-yong dikutif dari laman PSSI, Sabtu (6/1/2024).

Bahkan awalnya, setiap tim peserta Piala Asia 2023 hanya bisa mendaftarkan 23 pemain ke AFC. Namun, konfederasi sepak bola Asia itu memutuskan untuk mengubah aturan.

AFC mengubah aturan tersebut setelah menerima usulan dari para pelatih usai gelaran Piala Dunia 2022 Qatar. Dalam ajang sepak bola terakbar itu, setiap tim bisa mendaftarkan 26 pemainnya.

Baca Juga:  Bangganya Davin, Dipanggil ikuti Pelatnas Menembak

Pernyataan itu sesuai yang dijelaskan melalui pasal 26 poin 6 di regulasi kompetisi AFC. Di situ dijelaskan bahwa pemain pengganti bisa tampil asalkan sebelumnya sudah mendapatkan akreditasi atau pengesahan dari AFC.

Sebelum bertolak ke Qatar, Timnas Indonesia masih akan melakoni satu kali uji coba kontra Libya, Jumat (5/1). Setelah uji coba tersebut, skuad Garuda bertolak ke Qatar.

Setelah di Qatar, masih ada satu agenda uji coba Skuad Garuda, yakni melawan Iran pada 9 Januari. Piala Asia 2023 akan berlangsung pada 12 Januari sampai 10 Februari.

Timnas Indonesia tergabung di Grup D bersama Jepang, Irak dan Vietnam. Irak jadi lawan pertama Asnawi Mangkualam Bahar dkk pada 15 Januari, kemudian bertemu Vietnam (19/1) dan terakhir menghadapi Jepang (24/1). (ful/KPO-3)

Iklan
Iklan