Iklan
Iklan
Iklan
OLAHRAGA

Grup Ridho Ilahi Juara Lomba Jukung Tradisional Piala Paman Birin 2024

×

Grup Ridho Ilahi Juara Lomba Jukung Tradisional Piala Paman Birin 2024

Sebarkan artikel ini
PARA JUARA : Lomba jukung tradisional, bersama Budiono, Rijal Hamid, Arief Rahman dan Asfia Urrachman, di Desa Lupak Tabunganen, Batola, Minggu. (Kp/nafarin fauzy)

Grup balap jukung Ridho Ilahi juara pertama Balap Jukung Tradisional Piala Paman Birin 2024, di Desa Lupak Kecamatan Tabungan Kabupaten Batola, Minggu.

Lupak, Tabunganen, KP – Grup Ridho Ilahi berhasil meraih juara pertama pada even Lomba Jukung Tradisional Piala Paman Birin tahun 2024 di Desa Pemurus, Kecamatan Tabunganen, Kabupaten Barito Kuala.

Sebagai juara pertama Grup Ridho Ilahi dinyatakan berhak mendapatkan hadiah utama berupa uang pembinaan puluhan juta rupiah.

Kemudian untuk juara kedua diraih grup Bading Sanakan, Juara tiga Grup NJ 2, dan Juara empat grup Ababil I, juara kelima grup kunang-kunang, juara keenam Al Zahra I, juara ketujuh grup Al Zahra 2 dan juara kedelapan grup Putra Jaya I.

Penyerahan hadiah dan tropi langsung dilakukan Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor melalui Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga Dispora Kalsel, Budiono didampingi Kepala Seksi Pengembangan Olahraga Rekreasi, Tradisional dan Layanan Khusus Rijal Hamid, Kasi Bantuan Arif Rachman, Kasi Pengembangan Olahraga Pendidikan dan PPLP, Asfia Urrachman.

Kabid Pembudayaan Olahraga, Budiono mengatakan Jukung tradisional merupakan olahraga masyarakat Kalsel, yang tentunya akan terus dilestarikan Pemprov Kalsel melalui Dispora (Dinas Kepemudaan dan Olahraga) Kalsel.

Selain melestarikan budaya, juga membudayakan olahraga masyarakat sekaligus sarana pembinaan dan pengembangan olahraga jukung tradisional, yang disiapkan untuk mengikuti event tingkat daerah maupun nasional.

“Even ini sebagai wadah untuk mengasah kemampuan atlet jukung Kalsel untuk mengikuti even selanjutnya baik ditingkat provinsi, nasional dan internasional. Apalagi di Tabunganen ini ada atlet dayung nasional yang memperkuat Indonesia,” kata Budiono, Minggu (28/4/2024).

Ia mengatakan kegiatan seperti ini juga dapat menggerakan perekonomian masyarakat sekitar, yang bias mendapatkan rezeki dengan membuka usaha berjualan makanan dan minuman di lokasi lomba,paparnya.

Baca Juga:  Persib Dihantui Cedera Pemain, Persikabo Incar Poin

“Banyak tadi saya lihat dagangan warga sekitar dibeli para penonton kegiatan balap jukung,” ujar penggemar olahraga sepakbola,futsal, bulutangkis dan bersepeda ini.

Kabid Pembudayaan Olahraga bertekad untuk terus mengembangkan olahraga jukung tradisional ini melalui berbagai event, sehingga memberikan hiburan kepada masyarakat.

“Kami jajaran Dispora Kalsel akan terus mengembangkan olahraga tradisional jukung ini dan akan kita adakan didaerah lain nantinya,” katanya. (MC Kalsel/k-9)

Iklan
Iklan