Iklan
Iklan
Iklan
OLAHRAGA

Khabar Manis dan Kurang Sedap Indonesia Jelang Lawan Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23

×

Khabar Manis dan Kurang Sedap Indonesia Jelang Lawan Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23

Sebarkan artikel ini
Pemain Indonesia, Withan Sulaiman dan kawan-kawan meluapkan kegembiraan usai menyingkirkan Korsel 11-10 (2-2) melalui drama adu penalti dalam pertandingan perempatfinal Piala Asia U-23, Jumat (26/4/2024) dinihari. (Kalimantanpost.com/Instagram witansulaiman)

QATAR, Kalimantanpost.com – Perjuangan berat akan dihadapi tim nasional U-23 Indonesia dalam pertandingan semifinal Piala Asia U-23. Garuda muda akan menantang salah satu tim favorit juara Uzbekistan Abdullah bin Khalifa Stadium Senin (29/4/2024)
21.00 WIB.

Uzbekistan yang merupakan juara Piala Asia U-23 tahun 2018 lalu, secara meyakinkan menundukkan juara bertahan Arab Saudi tahun 2022 dengan skor 2-0 dalam pertandingan perempatfinal Jumat (26/4) malam.

Kedua gol Uzbekistan dibuat oleh Husain Norchaev pada menit 45+2 dan Umarali Rahmonaliyev di menit 84.

Harus diakui negara pecahan Uni Soviet tersebut cukup tangguh, karena dipertandingan penyisihan terakhir Grup D berhasil mengalahkan wakil Asia Tenggara lainnya Vietnam 3-0.

Dua kemenangan Uzbekistan ini akan menjadi modal menghadapi tim kuda hitam Indonesia di empat besar.

Namun, disisi lain tim Merah Putih juga semakin terangkat moralnya usai menumbangkan juara Piala Asia U-23 tahun 2018 Korea Selatan melalui drama adu penalti 11-10, setelah berimbang 2-2 selama 120 menit.

Sebelumnya dipenyisihan Grup A, Indonesia yang dianggap tim underdog juga menyingkirkan tim unggulan Australia 1-0 dan membantai Yordania 4-1.

Tiga kemenangan beruntun atas tim unggulan akan menambah kepercayaan diri Rizky Ridho dan kawan-kawan menghadapi Uzbekistan di semifinal nanti.

Apalagi khabar baiknya, Nathan Tjoe A-on diizinkan klubnya Heereveen bisa bertanding di semifinal, sehingga ada yang mengatur irama permainan tim.

Namun, khabar kurang mengenakkan Rafael Struick tak bisa membela Indonesia melawan Uzbekistan karena mendapat akumulasi kartu kuning. Padahal pemain klub Liga Belanda, ADO Den Haag tak hanya mampu memporak-poranda lini belakang lawan sekaligus membuka ruang pemain lainnya, tapi juga mampu mencetak gol.

Kemungkinan pelatih Shin Tae-yong akan menurunkan Hokky Caraka menggantikan peran Rafael. Bedanya, pemain Persis Solo ini kurang memiliki visi bermain yang bagus, umpan-umpannya kurang akurat dan timing kapan memberi umpan dan menendang bola ke gawang lawan juga kurang pas.

Baca Juga:  Duel Manchester City Versus Newcastle, hingga Manchester United Lawan Liverpool di Perempatfinal Piala FA

Alternatif lainnya, diperkirakan akan mendorong Withan Sulaiman yang memiliki kelincahan dan punya naluri mencetak gol. Mengisi kekosongan di sayap memasang Kelly Stroyer yang juga tampil impresif saat melawan Yordania maupun Korsel.

Pecinta sepakbola Indonesia pun berharap tim kebanggaannya bisa kembali bikin kejutan dengan menang atas Uzbekistan sekaligus mengukir sejarah lolos ke Olimpiade

Dipertandingan semifinal lainnya, Jepang akan ketemu Irak yang akan berlangsung Selasa (30/4) mulai pukul 00.30 WIB.

Dipertandingan perempat final lainnya, Irak melaju ke babak semifinal setelah sukses mengalahkan Vietnam dengan skor tipis 1-0, Sabtu (27/4) dinihari.

Gol semata wayang Irak lahir dari kaki Ali Jasim melalui titik putih pada menit ke-64.
Kiper Vietnam, Van Chuan Quan, menghentikan laju Nihad Muhammad Owaid dengan tangannya di depan gawang.

Ali Jassim maju sebagai eksekutor penalti. Bola tembakannya meluncur keras ke arah kanan gawang Vietnam dan menjadi gol. Irak memimpin 1-0.

Jepang sendiri dalam pertandingan sebelumnya menyingkir tuan rumah Qatar dengan skor 4-2. (ful/KPO)

Jadwal Pertangan Semifinal Piala Asia U-23

  • Senin (29/4) Pukul 21.00 WIB : Indonesia vs Uzbekistan
  • Selasa (30/4) pukul 00.30 WIB : Jepang vs Irak
Iklan
Iklan