Iklan
Iklan
Iklan
BANUA KITABarito Kuala

Nakertrans Batola Gelar Pendidikan dan Pelatihan Vokasi

×

Nakertrans Batola Gelar Pendidikan dan Pelatihan Vokasi

Sebarkan artikel ini
Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan Drs H Akhmad Mawarni, M.Pd, bertempat di Aula UPTD BLK Marabahan, Rabu (24/04) membuka pendidikan dan pelatihan vokasi. (Kalimantanpost.com/Repro humaspemkabhst)

BATOLA, Kalimantanpost.com – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Barito Kuala menggelar acara Pembukaan Program Pendidikan dan Pelatihan Berbasis Kompetensi Tahap I Tahun 2024.

Kegiatan tersebut di buka Penjabat Bupati Barito Kuala diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan Drs. H. Akhmad Mawarni, M.Pd, betempat di Aula UPTD BLK Marabahan, Rabu (24/4/2024).

Dalam sambutan tertulis Pj Bupati Mujiyat yang disampaikan Ahmad Mawarni, atas nama Pemerintah Kabupaten Barito Kuala menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Barito Kuala yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Khususnya dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan keterampilan dan keahlian tenaga kerja yang terampil, kompetitif, dan profesional.

Ia menambahkan, penyelenggaraan pelatihan berbasis kompetensi ini, sangat penting dan strategis dalam rangka pengembangan ekonomi yang berbasis pada kebutuhan pasar kerja yang makin dinamis dan berkembang.

Tenaga kerja yang kompeten, lanjut Akhmad Mawarni, tidak hanya mempunyai skill semata, tetapi juga memiliki sikap mental dalam bekerja.

“Jika hard skill adalah kemampuan dan keterampilan bekerja, maka soft skill adalah sikap kerja yang baik, disiplin dan semangat, atau termotivasi untuk maju, apalagi menghadapi bonus demografi mendatang,” jelasnya.

Ditambahkannya, perlu mempersiapkan keahlian dan keterampilan kepada tenaga kerja usia produktif yang memiliki energi besar, agar mampu menghadapi tantangan dan kompetensi di pasar kerja,” ungkapnya.

Sembari berharap, pelatihan ini dapat meningkatkan keterpaduan dan kerjasama antar instansi terkait, lembaga pendidikan, vokasi dan lembaga pelatihan kerja serta meningkatkan koordinasi, sinkronisasi dan sinergitas pelaksanaan program dan kegiatan, pengembangan keterampilan tenaga kerja yang kompetitif di Barito Kuala.

“Peserta pelatihan agar bisa memanfaatkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, untuk memperoleh pelatihan keterampilan serta karakter angkatan kerja terlatih dan kompeten, sebagai bekal menjadi wirausaha mandiri maupun dunia kerja lainnya,” tutupnya.

Baca Juga:  Sukamta Pimpin Upacara Peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-78

Kegiatan dilanjutkan dengan pemasangan ID Card dan penyerahan perlengkapan peserta pelatihan secara simbolis, sebagai tanda telah dimulainya acara Pelatihan Vokasi Tahap I, yang diserahkan oleh Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan Barito Kuala didampingi Kepala Disnakertrans Kab. Batola serta dilanjutkan foto bersama.

Turut hadir Kepala Disnakertrans Batola, Hj Harliani, S.IP, M.Si, Kepala UPTD BLK Marabahan, Sahminan, SE, Pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Barito Kuala, beserta unsur terkait lainnya.

Sementara itu di tempat yang sama, Kepala UPTD BLK, Sahminan mengatakan, tujuan dilaksanakan pelatihan berbasis kompetensi adalah untuk meningkatkan kompetensi bagi para pencari kerja yang belum punya keterampilan, baik secara soft skill maupun secara hard skill.

“Nah, mereka ini siap kerja dan bisa menjadi wirausaha mandiri baru yang dapat membuka lapangan kerja yang baru,”ungkapnya.
(agung/KPO-3)

Iklan
Iklan