Iklan
Iklan
Iklan
OLAHRAGA

Shin Tae-yong Sudah Siapkan Strategi Redam Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23

×

Shin Tae-yong Sudah Siapkan Strategi Redam Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23

Sebarkan artikel ini
Pemain timnas Indonesia meluapkan kegembiraan usai mengalahkan Korea Selatan dalam pertandingan perempatfinal Piala Asia U-23 beberapa waktu lalu. (Kalimantanpost.com/laman PSSI)

QATAR, Kalimantanpost.com –
Rasa optimis tertanam di diri pemain dan pelatih tim nasional Indonesia U-23 menjelang pertandingan Uzbekistan, pada laga semifinal Piala Asia U-23 2024 di Abdullah Bin Khalifa Stadium, Qatar, Senin (29/4/2024) pukul 21.00 WIB

“Saya pikir Uzbekistan dan Indonesia memiliki kesamaan. Uzbekistan juga mencoba membangun sepakbolanya dari level kelompok usia muda seperti di bawah 20 atau 23 tahun. Jadi ini juga faktor yang menjadikan tim Uzbekistan sebagai tim yang sangat-sangat bagus,” kata Shin Tae-yong dikutif dari laman PSSI, Senin (29/4).

“Terakhir kali saya bermain melawan Uzbekistan di Piala Asia U-20 (2023). Waktu itu kami tidak membawa enam pemain terbaik kami, tapi tetap saja Uzbekistan mampu mendominasi permainan dan permainan kami tidak terlalu bagus dibandingkan dengan Uzbekistan.”

“Namun dalam karier sebagai pelatih, saya tidak punya pengalaman kalah melawan Uzbekistan. Meskipun Uzbekistan adalah tim yang sangat bagus, tapi kali ini saya memiliki pemain-pemain terbaik dan saya punya kenangan yang sangat bagus. Saya punya perasaan yang baik, jadi semoga kami beruntung. Saya akan melakukan persiapan dengan baik,” tambah pelatih asal Korea Selatan tersebut

Shin Tae-yong mengatakan, persiapan Garuda Muda sangat baik jelang melawan Uzbekistan. Kepercayaan diri para pemain meningkat setelah lolos dari Grup A, yang notabenenya grup neraka. Lalu menyingkirkan Korea Selatan di babak perempat final lewat adu tendangan penalti.

“Beberapa penilaian saya setelah menonton pertandingan Uzbekistan, saya menyadari mengapa mereka bisa mencetak 12 gol dan bagaimana mereka tidak kebobolan. Salah satu yang krusial, alasan utamanya adalah transisi yang begitu cepat. Uzbekistan bisa transisi menyerang ke bertahan dan bertahan ke menyerang dengan sangat cepat.”

Baca Juga:  Atlet Kalsel Raih 1 Perak dan 2 Perunggu di Kejurnas Menembak Jakarta

“Ini menjadi faktor yang menjadikan Uzbekistan, salah satu tim terkuat di kompetisi ini yaitu mereka memiliki keseimbangan yang sangat baik antara sisi penyerangan dan sisi bertahan serta juga seperti yang Anda tahu, transisinya cepat. Hal itu perlu kita atasi dan jika kita bisa menghadapinya dengan baik, mungkin kita punya kesempatan menang melawan Uzbekistan. Saya tidak bisa mengatakan lebih detail karena itu rahasia,” tutup Shin Tae-yong.

Sementara itu, striker Uzbekistan, Khusayin Norchaev mengungkapkan timnya harus menjalani dua pertandingan lagi agar bisa meraih juara Piala Asia U-23.

Salah satunya melawan Timnas Indonesia dalam pertandingan semifinal nanti malam.

Uzbekistan lolos ke semifinal Piala Asia U-23 2024 setelah mengalahkan Arab Saudi dengan skor 2-0.

“Sungguh luar biasa bisa menang melawan Arab Saudi, tapi ini baru perempat final,” kata Norchaev, dilansir dari laman AFC.

“Kami masih perlu mempersiapkan dua pertandingan lagi. Saya yakin kami bisa berbuat lebih banyak lagi, dan kami akan bersiap menghadapi pertandingan-pertandingan itu,” ujar Norchaev.

Tim nasional Indonesia dalam enam kali pertemuan di berbagai event nasional baik senior maupun kelompok umur tidak pernah menang.

Indonesia hanya mampu menahan imbang tiga kali dan menyerah tiga kali atas Uzbekistan.

Diharapkan rekor buruk itu akan pecah dengan motivasi tinggi pemain untuk meraih tiket olimpiade dengan menumbangkan Uzbekistan sekaligus melaju ke final Piala Asia U-23. (ful/KPO-3)

Pertemuan Timnas Indonesia versus Uzbekistan di Kualifikasi Piala Dunia Timnas Senior

  • 1/6/1997: Indonesia 1-1 Uzbekistan
  • 20/6/1997 : Uzbekistan 3-0 Indonesia

Laga Persahabatan Timnas U-23

  • 3/5/2018 : Indonesia 0-0 Uzbekistan

Timnas U-20

  • 30/1/2024 : Timnas Indonesia 2-3 Uzbekistan

Piala Asia U-20 2023

  • 7/3/2023): Uzbekistan 0-0 Timnas Indonesia
Baca Juga:  AllStar Kalsel Kalahkan Tim Juara di Thailand

Asian Games 2022 Timnas U-24

  • 28/9 2023: Uzbekistan 2-0 Indonesia

Jadwal Semifinal Piala Asia U-23

Senin (29/4/2024)

  • Pukul 21.00 WIB : Indonesia vs Uzbekistan

Selasa (30/4/2024)

  • Pukul 00.30 WIB : Jepang vs Irak

Iklan
Iklan