Iklan
Iklan
Iklan
HEADLINE

ASR 2024, Lembaga Penyiaran Bersaing Sajikan Program Terbaik

×

ASR 2024, Lembaga Penyiaran Bersaing Sajikan Program Terbaik

Sebarkan artikel ini

BANJARMASIN, Kalimantanpost.com – Sejumlah lembaga penyiaran di wilayah Kalsel bersaing untuk menyajikan program Ramadan terbaik pada Anugerah Syiar Ramadan 2024, yang dilaksanakan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Kalsel.


Puncak ASR 2024 dilaksanakan di Gedung Lecture Theater Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin, Sabtu (4/5/2024).


ASR 2024 mengangkat bertema “Siaran Menyejukkan dan Merekatkan Persatuan Bangsa” ini merupakan apresiasi atas kreativitas lembaga penyiaran radio maupun televisi, yang konsisten menghadirkan tayangan berkualitas selama Ramadan.


Ketua KPID Kalsel, HM Farid Soufian mengungkapkan, penghargaan hanya sebagai pemantik semangat untuk televisi dan radio untuk terus berinovasi menyajikan informasi bermanfaat pada ruang frekuensi publik.


“Harapannya ASR ini dapat memberikan semangat bagi insan penyiaran untuk menghasilkan program siaran berkualitas,” ungkap Farid.


Ajang ASR diikuti 18 peserta dari lembaga penyiaran, yakni enam televisi dan 12 radio di wilayah Kalsel, namun mereka rata-rata mengirimkan dua hingga 12 program siaran Ramadan.


Farid menambahkan, KPID Kalsel memberikan penghargaan terbaik kepada televisi dan radio serta program siaran favorit yang dipilih Dewan Juri.


“Penilaian diambil dari program siaran terbaik yang mengandung unsur religi, pendidikan, hiburan, kreativitas dan keterlibatan masyarakat,” jelasnya.


Kegiatan ASR berkerjasama dengan Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kalsel, Bank Kalsel, Pengurus Daerah Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (Pengda IJTI) Kalsel dan lain–lain.


Rencananya ASR 2024 dihadiri Gubernur Kalsel, MUI Kalsel, Rektor ULM, Wakil Ketua KPI Pusat Mohamad Reza, pejabat lembaga dan Organisasi lintas profesi, serta lembaga penyiaran se–Kalsel.


Sementara itu, hasil rapat dewan juri yang diketui Prof Dr H Ahmad Yunani dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kalsel, dan anggota Dr Fahrianoor dari ULM dan Marliyana dari KPID Kalsel memutuskan lima nominasi terbaik untuk kategori televisi adalah Banjar TV dengan Program Pantun Dakwah, Duta TV dengan program Pentas Generasi Muda Qur’ani Harapan Bangsa, LPPL Tabalong dengan Program Warna berjudul Festival Bagarakan Sahur, Tapin TV dengan program Salam Salam Ramadan dan TVRI Kalsel dengan program Pesona Indonesia berjudul Ramadan Penuh Berkah.

Baca Juga:  KPI Dorong Raperda Penyelenggaraan Penyiaran


Sedangkan nominasi untuk kategori radio, yakni : Radio Abdi Persada dengan program Jelajah Ramadan edisi Masjid Bambu Kiram, Radio Suara Bersujud dengan program Menuju Serambi Madinah edisi Satu Desa Satu Masjid, Radio Gema Amandit dengan Program Tahsil Al-Qur’an, Radio Purnamanada dengan program KURMA (kuis Ramadan) dan RRI Banjarmasin dengan program Nur Ramadan edisi Meraih Takwa. (lyn/KPO-1)

Iklan
Iklan