Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
BANUA KITATapin

Desa Sukaramai Dicanangkan Desa Peningkatan Kualitas Keluarga

×

Desa Sukaramai Dicanangkan Desa Peningkatan Kualitas Keluarga

Sebarkan artikel ini
TANAM POHON - Untuk penghijauan desa Sukaramai sebagai Desa Peningkatan Kualitas Keluarga Daerah Kabupaten Tapin. (KP/Abdillah)

Rantau, KP  – Pemerintah Kabupaten Tapin melalui Tim Peningkatan Kualitas Keluarga Daerah (TPK2D) Kabupaten Tapin mencanangkan Desa Sukaramai Kecamatan Tapin Tengah sebagai model desa Peningkatan kualitas keluarga. Selasa (28/5/2024) kemarin siang.

Pencanangan di tandai dengan membuka tirai papan nama bertuliskan model desa Peningkatan Kualitas Keluarga Desa Sukaramai Kecamatan Tapin Tengah Kabupaten Tapin oleh Pj Bupati Tapin dan Pj Ketua PKK Tapin, kemudian penandatangan komitmen bersama dalam membina Desa Sukaramai menjadi model desa peningkatan keluarga dan diakhiri dengan penanaman pohon secara simbolis oleh Pj Bupati Tapin, Pj Ketua PKK Tapin, Sekretaris Daerah Tapin.

Penjabat Bupati Tapin Muhammad Syarifudin mengatakan, pemerintah Kabupaten Tapin telah menetapakan Desa Sukaramai Kecamatan Tapin Tengah sebagai model desa peningkatan kualitas keluarga untuk lomba di tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

“Desa Sukaramai di tujuk sebagai pilot projek desa peningkatan kualitas keluarga, nantinya mewakili Tapin utnuk di Tingkat Provinsi Kalsel,“ ujarnya.

Mudah-mudahan dengan telah dicanangkannya hari ini, sehingga SKPD Lingkungan Pemerintah Kab Tapin bisa memberikan program-programnya di Desa Sukaramai, sehingga desa sukaramai sejajar dengan desa lainnya yang bisa maju dan mandiri.

Berharap apa yang diberikan, disampaikan dan diprogramkan TPK2D Kabupaten Tapin agar bisa diterapkan dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan juga berharap apa yang sudah dilaksanakan tahun ini bisa terus dikembangkan di tahun-tahun akan datang.

Sementara Sekretaris daerah Sufiansyah menambahkan, berharap setalah dicanangkannya Desa Sukaramai sebagai Model Desa Peningkatan Kualitas Keluarga peran serta skpd dan masyarakat dan pihak swasta terlibat dalam upaya peningkatan kualiatas keluarga di Desa Sukaramai Kecamatan Tapin Tengah Kabupaten Tapin.

“Sehingga nanti Desa Sukaramai kembali menjadi penilaian terbaik seperti tahun tahun sebelumnya dan menjadi sebuah desa yang keluarga sehat, sejahtera dan perekonomian meningkat,“ tuturnya.

Baca Juga:  Target Proyek Sesuai Jadwal

Adapun untuk program unggulan ini nantinya bidang pertanian, yakni membuat lahan pertanian ditanam berbagai jenis tanaman baik itu tanaman padi dan sayur-sayuran sesuai dengan kondisi desa setempat secara terus menerus tidak ada lahan yang tidur.

“Jadi dalam program unggulan dalam peningkatan kualitas keluarga ini nantinya akan kita buat lahan pertanian Desa Sukaramai yang tidak pernah tidur, terus menanam yang menghasilkan,“ katanya.

Sehingga dengan program tersebut dapat meningkatkan kualitas ekonomi dan menjadi keluarga sejahtera. 

Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlingungan Anak Marsidah mengatakan, dengan telah dicanangkannya model desa Peningkatan Kualitas Keluarga di Desa Sukaramai ini, sehingga kita resmi melakukan pembinaan secara bersama-sama dengan tim teknis TPK2D Tapin untuk empat bulan kedepan.

“Selama 4 bulan kedepan kita bersama Tim Teknis TPK2D Tapin dan SKPD Lingkup Tapin serta pihak perusahaan secara terus menerus melakukan pembinaan sesuai dengan program peningkatan kualitas keluarga,“ ujarnya.

Untuk pembinaan dilakukan seperti pada tahun-tahun sebelumnya yang sudah berjalan dengan melibatkan SKPD Lingkup Tapin dengan program yang sudah ditetapkan, serta peran pihak swasta dalam penjaringan CSR sesuai dengan kebutuhan desa.

Tujuan utama program ini, pemerintah daerah memastikan keluarga Desa Sukaramai akan menjadi keluarga yang mandiri dan ekonomi meningkat. 

Turut hadir pada pencanagan seluruh Kepala SKPD Lingkup Tapin, Camat Tapin Tengah, Kepala Desa Sukaramai, Jajaran Tim Penggerak PKK Kabupaten Tapin dan Kecamatan Tapin tengah serta Desa Sukaramai. (abd/K-6)

Iklan
Iklan