Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
MartapuraTRI BANJAR

Distan Gelar Pengesahan Programa Penyuluh Pertanian

×

Distan Gelar Pengesahan Programa Penyuluh Pertanian

Sebarkan artikel ini
PENGESAHAN PROGRAMA - Distan gelar Pengesahan Programa Penyuluh Pertanian Kabupaten Banjar 2025. (KP/Wawan)

Martapura, KP – Pemkab Banjar melalui Dinas Pertanian menggelar rapat Pengesahan Programa Penyuluhan Pertanian Tingkat Kabupaten Banjar Tahun 2025, di Aula Distan, Rabu (22/05/2024).

Adapun tujuan kegiatan ini untuk memberi acuan bagi tim penyusun programa penyuluhan pertanian di setiap tingkat administrasi pemerintahan dalam menyusun rencana kerja, rencana kegiatan tahunan serta memberikan arah dan pengendali dalam pencapaian penyelenggaraannya.

Programa Penyuluhan Pertanian Tingkat Kabupaten Banjar merupakan pedoman yang disusun sistematis dengan memperhatikan aspirasi pelaku utama dan pelaku usaha serta pemangku kepentingan lainnya. Adapun substansinya, meliputi aspek kelembagaan, ketenagaan, penyelenggaraan, prasarana sarana dan pembiayaan penyuluhan pertanian.

Mewakili Kadis Pertanian, Kepala Bidang Penyuluhan Retno Sri Murwani mengatakan, penyuluhan pertanian memegang peranan penting untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap petani agar mampu menerapkan teknologi baru dan praktik terbaik dalam usaha tani.

“Programa penyuluhan yang dibahas dan disahkan diharap menjadi pedoman dalam melaksanakan tugas-tugas penyuluhan di lapangan,” tegasnya.

Menurutnya, sektor pertanian merupakan tulang punggung perekonomian daerah, oleh karena itu, peningkatan produktivitas dan kesejahteraan petani menjadi fokus utama dalam setiap kebijakan dan program dijalankan.

“Programa penyuluhan pertanian ini dirancang dengan memperhatikan berbagai masukan dari petani, penyuluh dan ahli, sehingga dapat menjawab tantangan dan kebutuhan nyata di lapangan,” jelasnya.

Dalam rapat ini juga dievaluasi programa tahun sebelumnya, mendiskusikan rencana 2025 dan menyepakati langkah-langkah yang perlu diambil untuk mencapai tujuan bersama.

Rapat dihadiri Kepala Seksi Lingkup Dinas Pertanian, KJF, Koordinator BPP beserta PP, Programer serta perwakilan KTNA Banjar. (Wan/K-3)

Iklan
Baca Juga:  KPU Sosialisasikan Pendaftaran Caleg DPRD Banjarmasin
Iklan