Iklan
Iklan
Iklan
BANUA KITATapin

Ekspos Aplikasi E SAKIP New Generation Tingkatkan Nilai Sakip

×

Ekspos Aplikasi E SAKIP New Generation Tingkatkan Nilai Sakip

Sebarkan artikel ini
TIM SAKIP - Dan Penjabat lingkungan Pemkab Tapin ikuti Ekspos Aplikasi ESAKIP New Generation dan Ekspos Dokumen SAKIP Satuan Kerja Perangkat Daerah bersama Tim Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan II Kementerian PANRB RI. (KP/Abdillah)

Rantau, KP – Dalam rangka penguatan implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.

(SAKIP) Pemerintah Kabupaten Tapin menggelar Ekspos Aplikasi.

ESAKIP New Generation dan Ekspos Dokumen SAKIP Satuan Kerja Perangkat Daerah bersama Tim Asisten Deputi

Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur,

dan Pengawasan II Kementerian PANRB. Selasa (7/5/2024) bertempat The Acacia Hotel dan Resort Kota Jakarta Pusat.

Kegiatan berlangsung selama dua hari. Selasa-Rabu. 7-8 Mei 2024. Dibuka oleh Pj Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin dan dihadiri Sekretaris Daerah Dr Sufiansyah selaku Tim Sakip serta Staf ahli Bupati dan semua Kepala Dinas Lingkungan Pemkab Tapin.

Sekretaris Daerah Tapin Sufiansyah juga selaku Tim SAKIP mengatakan, ekspos Penguatan implementasi SAKIP dalam rangka memberikan gambaran dan informasi kepada Tim Evaluator Kementerian PAN RB terkait progress SAKIP bagi Pemerintah Kabupaten Tapin, serta melihat progres SAKIP SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten Tapin. 

“Kegiatan ini juga merupakan tolak ukur kinerja sebagai dasar evaluasi kinerja baik level Pemda serta sebagai monitoring kinerja SKPD dilingkungan Pemerntah Kabupaten Tapin,” jelasnya.

Dalam ekspos new aplikasi E-SAKIP dan ekspos dokumen SAKIP SKPD juga  menyajikan pohon kinerja, target kinerja, capaian kinerja, serta langkah-langkah tindak lanjut atas LHE SAKIP.

“Ekspos new aplikasi E-SAKIP serta ekspos dokumen SAKIP SKPD juga merupakan alat bantu Pemerintah untuk melihat sejauh mana pertanggung jawaban atas hasil dan manfaat setiap program dan kegiatan yang di laksanakan,” katanya.

Oleh sebab itu dalam penyusunan dokumen SAKIP harus benar-benar di pahami dan di mengerti oleh seluruh Tim SAKIP Kabupaten.

“Kepala SKPD dan perangkatnya di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapin, agar saat evaluasi SAKIP nanti dapat meraih hasil yang maksimal dan membawa dampak positif bagi Pembangunan Kabupaten Tapin,” pinta Sekda.

Baca Juga:  JARR Sispala SMKN 1 Kotabaru Peringati HUT RI ke-78 Kibarkan Merah Putih di Puncak Gunung Sebatung

Sementara Kepala Bagian Organisasi Setda Tapin Rini Yusnita melaporkan ekspos aplikasi SAKIP new generaion dan ekspos dokumen SAKIP SKPD adalah memberikan gambaran dan informasi terhadap Progres SAKIP baik level Pemda dan level SKPD kepada Tim Evaluator Kementerian PANRB. serta meningkatkan kualitas SAKIP  pada SKPD nya masing-masing.

“Kegiatan berlangsung selama dua hari Selasa dan Rabu (7-8/5/2024) bertempat di  The Acacia Hotel dan Resort Kota Jakarta Pusat,” ujarnya.

Adapun peserta adalah Para Staf Ahli Bupati, Para Asisten,Kepala SKPD, Kepala Bagian, Sekretaris SKPD serta pejabat yang menangani pelaporan pada SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapin.

Sementara Nara sumber dari Tim Evaluator Kementerian PANRB terdiri dari Bapak Budi Prawira, S.E, M.M selaku Asisten Deputi Bidang Akuntabilitas dan Ibu Ummu Nur Hanifah dan Bapak Alif Fajar Sidiq. 

Untuk diketahui bahwa Perkembangan SAKIP di Kabupaten Tapin terus mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya tahun 2023 Pemkab.Tapin mendapatkan nilai Sakip 69,02 dengan katagori B. 

Berharap dengan kegiatan Expos ini Nilai SAKIP Pemkab Tapin terus meningkat naik nilainya pada tahun 2024 ini. (abd/K-6)

Iklan
Iklan